Turut Berpartisipasi dalam Penanganan Stunting, Kapolresta: Personel Berhasil Bisa di Promosi Sekolah

Turut Berpartisipasi dalam Penanganan Stunting, Kapolresta: Personel Berhasil Bisa di Promosi Sekolah
Turut Berpartisipasi dalam Penanganan Stunting, Kapolresta: Personel Berhasil Bisa di Promosi Sekolah
Turut Berpartisipasi dalam Penanganan Stunting, Kapolresta: Personel Berhasil Bisa di Promosi Sekolah
Turut Berpartisipasi dalam Penanganan Stunting, Kapolresta: Personel Berhasil Bisa di Promosi Sekolah

Tribratanewskupangkota.com - Korps Pembinaan Masyarakat Badan Pemelihara Keamanan (Korbinmas Baharkam) Polri, melakukan supervisi di Polresta Kupang Kota, Selasa (14/11) siang kemarin.

 

Supervisi yang dilakukan terhadap Bhabinkamtibmas, Kanit Binmas Polsek dan Polisi RW Polresta Kupang Kota, dipimpin Ketua Tim Kombes Pol. Bharata Indrayana, S.I.K, bersama AKBP France Siregar, S.I.K, AKBP Linda Novenita, S.H, dan AKBP Sofyan Budiono, S.H., M.Si.

Tim supervisi tiba di Markas Komando (Mako) Polresta Kupang Kota, disambut langsung oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, bersama pejabat utama Polresta Kupang Kota.

 

Turut hadir dalam supervisi, Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat AKP Verry Polin, S.H, Kepala Urusan Pembinaan Operasional Satuan Pembinaan Masyarakat IPDA Leonardus Dima, Kepala Unit Bhabinkamtibmas Polresta Kupang Kota IPDA Benediktus Gae Diwi, 51 Bhabinkamtibmas, dan perwakilan Polisi RW Polresta Kupang Kota.

 

Kapolresta Kupang Kota dalam pembukaan saat tatap muka mengatakan, bahwa Bhabinkamtibmas dan Polisi RW di Polresta Kupang Kota sudah lengkap.

 

"Kami polres yang telah lengkap dalam penempatan personel sebagai Bhabinkamtibmas (51 Personel) dan Polisi RW (432 Personel) di Polda Nusa Tenggara Timur," jelas Kombes Krisna.

 

Ditambahkannya, sudah 1 tahun berjalan, seluruh Bhabinkamtibmas telah membudidaya ikan lele, untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan gizi dalam rangka pencegahan Stunting atau gagal tumbuh pada anak. Lele yang diberikan secara gratis kepada keluarga yang kurang mampu.

 

Mantan Kabidhumas Polda NTT tersebut melanjutkan, atas keberhasilan dalam budidaya ikan lele itu, salah satu media cetak Pos Kupang pada (3/10/23), memberikan penghargaan kepada Polresta Kupang Kota, sebagai Polres peduli Stunting, terangnya.

Ketua tim supervisi selanjutnya memberikan pencerahan atas tugas, tanggung jawab, dan juga kewajiban sebagai Bhabinkamtibmas dan Polisi RW, sebagai bekal dalam melaksanakan tugas di lapangan.

 

"Sebagai ketua tim supervisi, mewakili Kabaharkam Polri, hadir di Polresta Kupang Kota, ingin memberikan pencerahan kepada anggota Polri di kewilayahan, terkait program-program dari Kabaharkam Polri," jelas Kombes Bharata.

 

Sambungnya, Bhabinkamtibmas adalah sebagai tulang punggung Polri. Berdasarkan survei, peran Bhabinkamtibmas untuk meningkatkan citra Polri sangat terbukti, sehingga fungsi preemtif sangat-sangat penting dilakukan.

 

"Polisi RW bukan konsep baru, karena ini adalah pengembangan dari Pemolisian Masyarakat (Polmas) yang telah ada sejak dahulu," katanya.

 

Melanjutkan arahannya, dasar pemikiran bahwa masyarakat perlu sarana komunikasi dan interaksi antara masyarakat dan polisi, sehingga setiap persoalan bisa diselesaikan dengan lebih baik.

 

"Polisi RW tidak berkewajiban menyelesaikan masalah di RW nya, silahkan diserahkan ke fungsi diatasnya, seperti Bhabinkamtibmas, Polsek hingga Polres untuk menyelesaikan. Namun, apabila bisa diselesaikan oleh Polisi RW, maka lebih baik lagi," ujar Kepala Bagian Operasional dan Evaluasi Korbinmas Baharkam Polri itu.

 

Diakhir arahannya, Kombes Bharata berpesan agar selalu diperhatikan Hubungan Tata Cara Kerja (HTCK), antara Polisi RW dan Bhabinkamtibmas.

 

"Polisi RW agar saling berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas setempat, dan setiap permasalahan wajib dilaporkan kepada Bhabinkamtibmas sebagai penanggung jawab di wilayah kelurahan," pungkasnya.

Selanjutnya dilakukan tanya jawab antara personel Polisi RW dan Bhabinkamtibmas, dan Kapolresta Kupang Kota Kombes Krisna menyampaikan pesan kepada tim supervisi, untuk dapat memberikan perhatian khusus bagi Bhabinkamtibmas yang berprestasi dalam tugasnya.

 

"Saya ingin menitip pesan, agar Bhabinkamtibmas dengan kinerja yang melebihi tugas pokoknya, diberikan prioritas dalam pendidikan perwira (Sekolah Inspektur Polisi)," ungkap Kapolresta Kombes Krisna. (AN)