TKJ Berkala, Kapolresta Kupang Kota: Polri Dituntut Memiliki Fisik yang Prima

TKJ Berkala, Kapolresta Kupang Kota: Polri Dituntut Memiliki Fisik yang Prima

Tribratanewskupangkota.com - Personel Polresta Kupang Kota mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) dan Bela Diri Polri berkala Semester II Tahun Anggaran 2024.

 

Kesamaptaan jasmani yang digelar oleh Bagian Sumber Daya Manusia (Bag SDM) itu, berlangsung di Mako Polresta Kupang Kota, Jalan Frans Seda, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, mulai tanggal 5 sampai dengan 7 September 2024.

"Seluruh anggota wajib mengikuti kesamaptaan jasmani berkala, guna mendapatkan anggota Polri yang selalu dalam kondisi prima," sebut Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, Kamis (5/9/2024).

 

Dikatakan lagi orang nomor satu di Polresta Kupang Kota ini, tahapan tes kesamaptaan, meliputi lari selama 12 menit, Pull Up, Push Up, Sit Up, Shuttle Run dan bela diri Polri.

"Sebelumnya dilakukan pengukuran tekanan darah, kemudian setelah dinyatakan sehat oleh dokter atau perawat klinik kami, personel lanjut mengikuti lari selama 12 menit," beber Kapolresta Aldinan Manurung.

Tahapan selanjutnya, yakni Pull Up, Push Up, Sit Up, Shuttle Run dan terakhir mengikuti bela diri Polri.

 

"Bela diri penting bagi anggota Polri, sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota dalam menghadapi berbagai situasi di lapangan," jelas dia.

Tambahnya, tes beladiri ini mencakup berbagai aspek penting, antara lain pukulan, tangkisan, dan teknik melumpuhkan lawan.

 

"Pelaksanaan samjas ini untuk mengukur dan meningkatkan kebugaran karena setiap anggota Polri dituntut memiliki fisik yang prima dalam melaksanakan tugas, khususnya saat ini dalam masa atau tahapan pilkada serentak di Kota Kupang," tandas Kapolresta Kupang Kota. (AN)