Tingkatkan Kemampuan Individu Hadapi Pemilu Tahun 2024, Seluruh Personel Polresta Kupang Kota Latihan Dalmas

Tingkatkan Kemampuan Individu Hadapi Pemilu Tahun 2024, Seluruh Personel Polresta Kupang Kota Latihan Dalmas

Tribratanewskupangkota.com – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kupang Kota, dalam rangka pengamanan tahapan Pemilu Tahun 2024, melakukan latihan Pengendalian Massa (Dalmas), yang diikuti oleh seluruh personel, bertempat di lapangan depan Mako Polresta Kupang Kota, Rabu (2/8/2023).

Latihan dalmas yang dilaksanakan, untuk meningkatkan kemampuan dari setiap personel dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan atau Chaos pada saat melakukan pengamanan unjuk rasa di Kota Kupang.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, melalui Kasat Samapta Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M yang ditemui setelah memimpin pelaksanaan latihan mengatakan, latihan dalmas yang sejak saat ini mulai dilatihkan, untuk meningkatkan kemampuan setiap personel apabila menghadapi situasi, seperti unjuk rasa yang mengalami Chaos. “Sudah sejak awal kami berlatih, agar personel yang terdiri dari semua bagian dan satuan fungsi, kembali mengingat dan lebih meningkatkan kemampuan individu serta kelompok, khususnya saat menghadapi unjuk rasa. Polri dengan salah satu tugas pokoknya, adalah pemelihara kamtibmas, sehingga personel Polri diharapkan mampu untuk mengawal aktifitas masyarakat Kota Kupang dalam menyampaikan pendapat, dapat berjalan aman dan kondusif”, jelasnya.

Sambungnya, latihan dalmas akan rutin dilakukan dua kali dalam satu minggu, dan hari ini dilatihkan dalmas dengan formasi banjar tiga, dalmas formasi bersaf untuk memperlambat gerakan massa, dan dalmas formasi paruh lembing.

“Diharapkan, dengan latihan yang akan rutin dilakukan, setiap personel dapat mampu memahami dalam menghadapi unjuk rasa, dan bisa bekerja sama dalam formasi dalmas, sehingga setiap unjuk rasa yang berlangsung dapat di kawal dengan baik hingga selesai”, pungkas Kompol Adi Ngulu yang biasa disapa. (AN)