Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Jelang Idul Fitri 1444 H, Polresta Kupang Kota Laksanakan Apel Gelar Pasukan.

Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Jelang Idul Fitri 1444 H, Polresta Kupang Kota Laksanakan Apel Gelar Pasukan.

Tribratanewskupangkota.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia secara serentak mulai hari ini tanggal 7 Februari sampai dengan 20 Februari 2023 melaksanakan Operasi Keselamatan. Polresta Kupang Kota hari ini Selasa pagi (7-2-2023) melakukan Apel Gelar Pasukan dengan sandi Operasi Keselamatan Turangga 2023, bertempat di Lapangan Apel Polresta Kupang Kota. Apel gelar pasukan dipimpin oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H dan dihadiri oleh perwakilan dari Kodim 1604 Kupang, Polisi Militer dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang.

Apel gelar pasukan diawali dengan Kapolresta Kupang Kota memasuki lapangan apel, penghormatan pasukan dan laporan komandan apel Iptu Angelina Ikun Sally, S.H kepada Kapolresta Kupang Kota selaku pimpinan apel. Selanjutnya penyematan tanda pita operasi kepada perwakilan personel dari Polisi Militer TNI AD, Satuan Samapta Polresta Kupang Kota, Polisi Pamong Praja Kota Kupang dan Dinas Perhungan Kota Kupang.

Dalam amanat Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, yang dibacakan oleh Kapolresta Kupang Kota bahwa polisi lalu lintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan).

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, membangun budaya tertib berlalu lintas dan terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan, karena keselamatan memang suatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.

Data jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah Polda NTT berdasarkan aplikasi IRSMS (Integrated road safety management system) yang dikelola oleh Direktorat Lalu Lintas Polda NTT, pada Tahun 2022 sebanyak 1.321 kejadian, dengan korban meninggal dunia 403 orang, luka berat 488 orang dan luka ringan 1.479 orang. Dibandingkan dengan jumlah kejadian Tahun 2021 sebanyak 1.191 kejadian, terjadi kenaikan jumlah kecelakaan sebesar 103 kejadian atau naik 11 persen.

Untuk jumlah pelanggaran lalu lintas pada Tahun 2022 sejumlah 25.982 pelanggaran dibandingkan Tahun 2021 sejumlah 11.316 pelanggaran, terjadi kenaikan sejumlah 14.666 pelanggaran atau naik sebesar 129 persen. Operasi Keselamatan Turangga 2022 dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijryah.

Operasi keselamatan ini merupakan jenis operasi pemeliharaan kamtibmas (Harkamtibmas) yang mengedepankan preemtif, preventif serta humanis untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

Sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat mengganggu dan menghambat kamseltibcarlantas serta penyebaran virus Covid-19.