Tingkatkan Kemampuan Dalmas, Kapolresta Kupang Kota: Seluruh Anggota Wajib Kuasai Teknik Saat Menghadapi Massa

Tingkatkan Kemampuan Dalmas, Kapolresta Kupang Kota: Seluruh Anggota Wajib Kuasai Teknik Saat Menghadapi Massa
Tingkatkan Kemampuan Dalmas, Kapolresta Kupang Kota: Seluruh Anggota Wajib Kuasai Teknik Saat Menghadapi Massa

Tribratanewskupangkota.com - Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam teknik Pengendalian Massa (Dalmas), dan dalam rangka menghadapi proses tahapan Pemilihan Umum (Pemilu), seluruh anggota Polresta Kupang Kota dan Polsek jajaran, mengikuti latihan dalmas, Selasa (3/10).

Latihan yang dilaksanakan di lapangan depan Mako Polresta Kupang Kota, dipimpin oleh Kepala Satuan (Kasat) Samapta Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M, dengan mengingatkan kembali kepada anggota akan sikap-sikap dasar dalam menghadapi massa yang berunjuk rasa.

Diantaranya, sikap siap, sikap sempurna, sikap biasa, sikap pokok, sikap perubahan arah, sikap siaga, sikap siaga memegang tali, dan sikap siaga tangan berkait.

Sebelumnya, dilakukan peragaan oleh anggota dari Satuan Samapta yang telah rutin melaksanakan latihan, kemudian diikuti oleh seluruh anggota Polresta Kupang Kota dan Polsek jajaran.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, yang ditemui disela-sela pelaksanaan latihan mengatakan, untuk bisa menjadi terampil dalam dalmas, diperlukan kemampuan secara berkelompok dengan cara terus berlatih.

Selain itu, kekompakan sangat dibutuhkan, karena semua pergerakan anggota di depan pengunjuk rasa, dilakukan secara bersama-sama melalui satu komando dari Komandan Peleton atau Danton, dan atau atasan yang memimpin langsung di lapangan.

"Untuk menjadi mampu dan terampil menghadapi massa yang berunjuk rasa, diperlukan latihan secara terus menerus. Seluruh anggota sejak dalam lembaga pendidikan sudah diajarkan, namun diperlukan latihan yang berulang, di tengah kesibukan kerja anggota di masing-masing bagian atau fungsi", jelas mantan Wakil Direktur Samapta Polda NTT itu.

Kemudian, Kombes Krisna menambahkan, kekompakan menjadi yang utama. Apabila pergerakan di lapangan secara sendiri-sendiri, maka akan mudah diterobos oleh massa.

"Kuncinya, dengarkan perintah komandan di lapangan, dan bergerak secara bersama-sama atau kelompok. Tidak ada kata mundur atau balik kanan, maka kekompakan dalam formasi tadi sangat diperlukan", tegasnya.

Tahapan Pemilu saat ini sedang berjalan, dan akan memasuki masa pendaftaran Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), maka setiap 2 hari, seluruh anggota akan mengikuti latihan dalmas di mako Polresta Kupang Kota, pungkas orang nomor satu di Polresta Kupang Kota. (AN)