Kunjungan Kerja Tim Kompolnas RI dan Meninjau Yanlik Polresta Kupang Kota

Kunjungan Kerja Tim Kompolnas RI dan Meninjau Yanlik Polresta Kupang Kota
Kunjungan Kerja Tim Kompolnas RI dan Meninjau Yanlik Polresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com – Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Kompolnas RI) melakukan kunjungan kerja ke Polresta Kupang Kota, dalam rangka melihat langsung pelayanan publik bagi masyarakat, dan sekaligus melakukan supervisi terkait pelaksanaan Operasi Mantap Brata (OMB) Tahun 2023-2024.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si bersama Auditor Kepolisian Madya Tingkat III Itwasda Polda NTT Kombes Pol. Taufik Irpan Awalluddin, S.H., M.H, dan Kepala Bagian Operasi Polresta Kupang Kota Kompol Jony F.M Sihombing, S.E., S.I.K., M.M, menyambut langsung kedatangan tim, yang di ketuai oleh Dr. Benny Jozua Mamoto, S.H., M.Si, di lobby Mapolresta Kupang Kota, Selasa (16/1) pagi.

Adapun tim Kompolnas RI yang turut hadir, yakni Brigjen Pol. Musa Tampubolon, S.H., S.I.K., M.Si dan ibu Pongky Indarti, S.H., LL.M.

 

Dalam sambutannya, Kapolresta Kupang Kota menyampaikan ucapan selamat datang dan menyatakan harapan kepada tim yang hadir, agar arahan dan petunjuk yang diberikan nantinya, dapat bermanfaat demi pelaksanaan tugas khususnya dalam masa operasi saat ini.

“Kami harapkan dengan kunjungan ini, kita lebih paham akan tugas kami, khususnya dalam Operasi Mantap Brata saat ini,” ungkapnya.

 

Selanjutnya, Kapolresta menjelaskan terkait kasus tindak pidana yang sering terjadi di Kota Kupang, keadaan geografis wilayah, dan terkait dengan data jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta jumlah personel Polresta Kupang Kota yang dilibatkan dalam pengamanan TPS dengan kategori TPS kurang rawan, rawan dan sangat rawan.

 

“Adanya 3 (Tiga) TPS rawan, yang terletak di Kelurahan Kolhua, Kayu Putih dan Oesapa. Penetapan TPS dengan kategori rawan di 3 kelurahan diatas, berdasarkan pertimbangan tingkat kerawanan pada Pemilu 2019 lalu, yakni dilakukannya Pemungutan Suara Ulang (PSU),” jelas mantan Wakil Direktur Narkoba Polda NTT tersebut.

 

Diterangkannya lagi, untuk jumlah TPS di Kota Kupang sebanyak 1.205, terdiri dari TPS Reguler 1.202 dan TPS Lokasi Khusus sejumlah 3 (2 TPS di Lapas Kelas II A Kupang dan 1 TPS di Rutan Kelas II B Kupang), tandas Kombes Aldinan Manurung.

Ketua tim, Dr. Benny Jozua Mamoto, S.H., M.Si mengatakan, kehadiran Kompolnas di Polresta Kupang Kota, merupakan tugas yang harus dijalankan.

“Kami merupakan pihak eksternal, mendapat tugas untuk melakukan kunjungan kerja dan sekaligus supervisi terkait Operasi Mantap Brata di Polresta Kupang Kota,” terangnya yang juga selaku Ketua Harian Kompolnas Republik Indonesia.

 

Sambungnya, kami hadir dalam rangka mendukung Polri dengan memberikan masukan, agar Polri semakin lebih baik dalam menghadapi tantangan yang ada, kata Purnawirawan Polri dengan pangkat terakhir Jenderal bintang dua itu.

 

“Peran Humas (Seksi Humas Polresta Kupang Kota) menjadi sangat penting untuk merespon dan segera melakukan Press Release agar cepat masyarakat dalam menerima berita langsung dari Polri, khusus yang menyangkut Pemilu. Kemudian, terkait netralitas, implementasi surat telegram dari Mabes Polri dijalankan oleh semua anggota Polri,” pintanya.

 

Dengan adanya persoalan pada beberapa waktu yang lalu, bangun komunikasi yang baik dengan seluruh anggota, dengan mengajak diskusi agar setiap persoalan dapat dengan cepat diselesaikan secara internal, harapnya lagi.

 

“Pemilu yang berlangsung sangat panjang dan serentak (Pilpres, Pileg, dan Pilkada) berpotensi membuat anggota mengalami stres, bahkan bisa menjadi depresi cukup tinggi, sehingga peran pimpinan dan para perwira sangat penting dalam membangun komunikasi bersama anggota,” pungkas dia.

 

Poengky Indarti dalam arahannya menjelaskan, perlunya Planing Monitoring Evaluation atau membuat rencana pengendalian dan evaluasi, dalam rangka mengendalikan program dan selalu melakukan evaluasi guna perbaikan ke depan, agar mendukung suatu program atau kegiatan dapat  berjalan dengan baik dan secara terencana.

 

Selain itu, dia juga meminta anggota dapat menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga dan minum vitamin demi kesehatan yang selalu dalam kondisi prima, tutupnya yang hadir sebagai perwakilan dari masyarakat.

 

Brigjen Pol. Musa Tampubolon menegaskan, anggota Polresta Kupang Kota yang terlibat dalam melakukan pengamanan di TPS, harus mengerti dan paham akan situasi di TPS yang diamankannya.

“Anggota pengamanan TPS harus mengerti dan paham akan situasi dan kondisi di TPS-nya, dalam rangka mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang aman dan lancar,” ujarnya yang juga sebagai Kepala Sekretariat Kompolnas.

Selanjutnya tim Kompolnas didampingi Kapolresta Kombes Aldinan Manurung melakukan kunjungan ke Ruangan Pelayanan Publik (Yanlik) Polresta Kupang Kota, yakni di ruangan Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA), ruangan pelayanan Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK), dan Rumah Tahanan (Rutan) Polresta Kupang Kota. (AN)