Tim Itwasum Polri Lakukan Pengawasan OMB di Polresta Kupang Kota

Tim Itwasum Polri Lakukan Pengawasan OMB di Polresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Tim Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melaksanakan Pengawasan Operasi (Wasops) dalam penyelenggaraan Operasi Mantap Brata (OMB) Tahun 2024, yang berlangsung di Aula Bijaksana Polresta Kupang Kota, Rabu (6/3) siang.

 

Tim Itwasum Polri yang dipimpin Kombes Pol. Eko Trisnanto, S.H, bersama Kombes Pol. Khairul Saleh, S.I.K., S.H., M.Si selaku Sekretaris tim, dan Kombes Pol. Junaidi Nur, S.H., S.I.K., M.H selaku Anggota tim, dengan didampingi oleh Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda NTT Kombes Pol. I. Made Sunarta, S.E., M.H dan Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda NTT Kombes Pol. Deonijiu de Fatima, S.I.K., S.H, tiba di Mako Polresta Kupang Kota dan disambut langsung Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si.

 

Hadir pula dalam wasops, yaitu Kapolres Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, Rote Ndao, Alor dan Sabu Raijua dengan didampingi Kepala Bagian Operasi (Kabagops) serta operatornya masing-masing.

 

Kombes Pol. Eko Trisnanto dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan wasops bukan melakukan audit, namun untuk melihat administrasi perencanaan yang telah dibuat, dan apabila ada catatan saat pemerikasaan, segera dilakukan perbaikan.

 

“Kami melaksanakan tugas pengawasan OMB, dan kami bukan melaksanakan kegiatan audit, tetapi akan kami lihat beberapa administrasi terkait dengan kegiatan operasi. Nanti apabila ada beberapa catatan yang diberikan, segera untuk dilakukan perbaikan,” ucapnya selaku ketua tim.

 

Lebih lanjut ditegaskan, kepada operator satgas agar persiapkan dokumen yang akan diperiksa, segera lakukan perbaikan jika ada koreksi, sehingga dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang, tidak ada lagi kesalahan atau kesalahan dapat diminimalisir.

 

“Setiap Satgas dan Sub Satgas mempunyai kewajiban untuk membuat rencana dan hasil dari kegiatan tersebut, serta membuat absensi dan dokumentasinya, yang nanti akan dipertanggungjawabkan saat audit keuangan mendatang,” pesan dia.

 

Tak lupa Kombes Eko Trisnanto mengingatkan para Kabagops yang hadir untuk selalu melakukan analias dan evaluasi (anev) atas pelaksanaan Operasi Mantap Brata.

“Kabagops yang juga sebagai Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi (Karendalops), setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan, wajib lakukan anev terhadap kepala satgas dan sub satgas serta operator, agar kendala atau hambatan yang dihadapi dapat diketahuinya, guna kelancaran dan suksesnya pelaksanaan operasi ini,” ungkapnya lagi.

 

Sambungnya, kepada Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Siedokkes) Polres, untuk membelanjakan dan memberikan bekal kesehatan kepada personel yang terlibat dalam operasi.

“Anggota yang terlibat dalam operasi (OMB), juga diberikan bekal kesehatan (vitamin) agar stamina tetap terjaga dengan baik, dan selalu dalam kondisi prima untuk menjalankan operasi ini,” tutup Kombes Eko.

 

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan dokumen administrasi terhadap Polres yang hadir, dimulai dengan Polresta Kupang Kota dan dilanjutkan dengan 8 Polres lainnya.

 

Diketahui sebelumnya, pemeriksaan telah dilakukan terhadap satuan kerja Biroops Polda NTT, Satuan Brimob Polda NTT, dan setiap satuan kerja di lingkungan Polda NTT yangh ikut terlibat dalam Operasi Mantap Brata. (AN)