Sholat Idul Adha 1445 H di Kota Kupang, Polresta Libatkan Ratusan Personel Pengamanan

Sholat Idul Adha 1445 H di Kota Kupang, Polresta Libatkan Ratusan Personel Pengamanan

Tribratanewskupangkota.com -  Dalam menyambut hari raya Idul Adha 1445 Hijriah / 2024 Masehi, Polres Kota Kupang Kota melibatkan 214 personel, untuk mengamankan jalannya sholat ied berjamaah yang dilangsungkan di beberapa halaman masjid, lapangan terbuka dan halaman parkir pusat perbelanjaan di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Senin (17/6/2024). 

Hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab Polri, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama melaksanakan ibadah berjalan kondusif. 

 

Kapolres Kota Kupang Kota Komisaris Besar Polisi Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dalam keterangannya dijelaskan, pengamanan kegiatan masyarakat merupakan tugas pokok dari Polri, dalam memelihara kamtibmas di tengah masyarakat, dan juga menjamin pelaksanaan ibadah agar berlangsung tertib dan lancar. 

"Selain melakukan pengamanan sholat idul adha, anggota juga membantu masyarakat menyeberang jalan, dan melaksanakan pengaturan arus lalu lintas bersama dengan TNI, Satpol Pamong Praja, Dinas Perhubungan, dan organisasi masyarakat atau kepemudaan di Kota Kupang," kata Kapolresta. 

 

Langkah ini dilakukan, tambah Aldinan, guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, serta kemacetan, supaya situasi sekitar tetap berjalan aman, lancar dan terkendali. 

Disebutkan mantan Wakil Kapolresta Kupang Kota ini, para personel tersebut disebar ke beberapa lokasi pengamanan, di antaranya di halaman Masjid Darussalam dan LDII Rhoudothul Jannah Sikumana, Masjid Darul Hijrah BTN Kolhua, Masjid Raya Nurussaadah Fontein dan Masjid K.H Ahmad Dahlan/Kampus Muhammadiyah Kupang. 

 

Selanjutnya, sambung Kombes Aldinan, di Masjid Nurul Hikmah dan Masjid Said Ammanatula Tenau. Kemudian Masjid Al Anshar, Masjid Al Alaq dan Mushola Jaminatul Avia di Kelurahan Penkase Oeleta. 

"Selain di masjid, pelaksanaan sholat ied juga dilaksanakan di lapangan terbuka, yaitu di Lanud TNI AU Penfui, Lapangan kantor Wali Kota Kupang, Lapangan Mako Korem 161/Wira Sakti Kupang, Lapangan Rumah Jabatan Gubernur NTT, Lapangan Polda NTT, Lapangan Asrama TNI AD Kuanino, Lapangan Mako Brimob dan Lapangan Mako TNI AL di Kelurahan Namosain," beber mantan Kapolres Kupang ini. 

 

Terdapat juga halaman parkir Mall Lippo Plaza Fatululi, yang dijadikan sebagai tempat sholat idul adha warga Kota Kupang, tutup Kapolresta Aldinan Manurung. (AN)