Sasar Pelajar, Pangkalan Ojek Sampai Tempat Hiburan, Polresta Kupang Kota Laksanakan Operasi Bina Kusuma Turangga 2023.

Sasar Pelajar, Pangkalan Ojek Sampai Tempat Hiburan, Polresta Kupang Kota Laksanakan Operasi Bina Kusuma Turangga 2023.

Tribratanewskupangkota.com - Jumat, 26 Mei 2023, Dalam rangka mencegah, meminimalisir dan menanggulangi terjadinya kenakalan remaja dan kejahatan premanisme di wilayah kota Kupang, Polresta Kupang Kota saat ini tengah melaksanakan Operasi Bina Kusuma Turangga 2023.

Lokasi pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Turangga 2023 kali ini meliputi pertigaan Pos Lantas Oesapa, Pasar Oebobo, SMAN 4 Kupang, Flaminggo SPA dan Pangkalan Ojek Oesapa.

Personel Satgas Binluh menghimbau kepada para pelajar dan komunitas ojek Pangkalan agar tidak melakukan perkelahian (tawuran), kebut kebutan dengan sepeda motor, perjudian, mengkonsumsi minuman keras (miras) di jalanan maupun di tempat umum lainnya. Petugas juga mengajak pelajar dan komunitas ojek untuk menjadi pelopor kamtibmas di lingkungan tempat tinggal masing-masing, memberikan contoh dan segera melaporkan kepada pihak kepolisian agar menginformasikan jika menemukan atau mengetahui hal-hal yang berpotensi menjadi gangguan kamtibmas.

Kepada para penjual kopi dingin yang dijualkan kepada para supir angkot yang melintas di depan pasar Oebobo, dihimbau untuk tidak melakukan pemaksaan dalam menjual dagangannya, ataupun menjual dengan cara memaksa sehingga berpotensi menjadi tindak pidana pemerasan. Berjualanlah dengan baik dan bijak sehingga tidak mengganggu ketertiban. Segera melaporkan kepada pihak kepolisian agar menginformasikan jika menemukan atau mengetahui hal-hal yang berpotensi menjadi gangguan kamtibmas.

Kepada karyawan dan karyawati pada Flaminggo Spa, dihimbau untuk waspada dan hati-hati dalam bekerja, jika menemukan tamu yang melakukan tindakan kekerasan ataupun membawa senjata tajam agar segera melaporkan hal tersebut secepatnya kepada pengelola Flaminggo Spa  sehingga dapat mencegah terjadinya hal yang dapat merugikan ataupun membahayakan para karyawan. Petugas  juga mensosialisasikan dampak hukum menggunakan obat-obatan terlarang atau narkoba, segera melaporkan kepada pengelola atau polisi jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

Para petugas retribusi pasar dihimbau agar senantiasa bersikap humanis dan hindari cara cara menggunakan kekerasan atau paksaan dalam melakukan kutipan serta kutiplah sesuai dengan biaya retribusi yang resmi. Hindari adanya pungutan diluar ketentuan yang ada sehingga tidak menyebabkan terjadinya komplein atau permasalahan yang dapat mengganggu ketertiban dipasar.Segera melaporkan kepada pihak kepolisian agar menginformasikan jika menemukan atau mengetahui hal-hal yang berpotensi menjadi gangguan kamtibmas.

Operasi Bina Kusuma Turangga 2023 ini dipimpin langsung oleh PS. Kasat Binmas selaku Kasubsatgas Binluh berdasarkan Surat Perintah Kapolresta Kupang Kota Nomor : Sprinlakops/439/V/OPS 1.3./2023  tanggal 20 Mei tahun 2023.