Polsek Maulafa Gelar Jumat Curhat, Warga Naimata Pertanyakan Tugas dari Polisi RW

Polsek Maulafa Gelar Jumat Curhat, Warga Naimata Pertanyakan Tugas dari Polisi RW

Tribratanewskupangkota.com – Dalam rangka mendengarkan langsung saran masukan hingga keluhan terkait pelaksanaan tugas dalam pemeliharaan kamtibmas di wilayah Kecamatan Maulafa, Polsek Maulafa yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Iptu Drik Y. Hendrik, menggelar kegiatan “Jumat Curhat” bersama warga di Rt. 008 Rw. 003 Kelurahan Naimata Kota Kupang, Jumat (25/5/2023 pagi).

Hadir mendampingi Kanit Reskrim Polsek Maulafa, diantaranya Panit 1 Binmas Aiptu Deky Tanabeth, S.H, Ps. Kasihumas Aiptu Deddy Manuain, S.H  dan Babinkamtibmas Naimata Aipda Apner Robinson Manu.

Pada kesempatan yang baik ini, kami ingin membuka ruang dialog bersama masyarakat, dimana masyarakat bisa menyampaikan usul saran, masukan bahkan kritikan tentang pelaksanaan tugas yang telah dilakukan pihak kepolisian khususnya Polsek Maulafa Polresta Kupang Kota. “Bapak mama sekalian, kami hadir mewakili Kapolsek Maulafa, silahkan disampaikan masukan hingga kritikan yang akan terima sebagai bahan evaluasi dalam melaksnakan tugas agar bisa lebih baik lagi sesuai dengan harapan masyarakat”, demikian kata Iptu Hendrik sebagai pembuka.

Salah seorang warga Rt. 008 berterima kasih karena dari Polsek Maulafa sudah datang ke tempat kami, dan mengapresiasi kinerja Polsek Maulafa. Kami minta agar dapat memantau aktifitas kelompok pemuda yang duduk dipinggir jalan pada malam hari, karena mereka terkadang sering minum minuman keras (miras), sehingga meresahkan masyarakat yang melewati jalan tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Maulafa langsung menanggapi pertanyaan warga, dengan terlebih dahulu mengucapkan terima kasih atas apresiasinya. Untuk mobil patroli Polsek Maualafa setiap malam itu sudah menjadi atensi pimpinan (Kapolsek Maulafa) dan diperintahkan kepada kami untuk melakukan patroli pada malam hari terlebih pada jam-jam rawan kriminal, patroli dilakukan di semua wilayah Kecamatan Maulafa.

Pertanyaan berikut datang dari  salah satu warga Rt. 016, kami melihat sekarang sudah ada Polisi RW, mungkin dapat bapak jelaskan tugas dan tanggung jawab dari Polisi RW, dan apakah Polisi RW setiap saat berada bersama dengan kami (di tengah-tengah masyarakat)?.

Polisi RW atau Polisi Rukun Warga tersebut merupakan program dari Mabes Polri dalam hal ini Bapak Kapolri dan Kabaharkam Polri, tugasnya bermitra dengan Ketua RW untuk bersama dengan warganya menjaga keamanan dan ketertiban serta mengatasi masalah yang terjadi di wilayahnya, sehingga dapat terwujud masyarakat yang aman dan nyaman dalam melakukan aktifitasnya.

Iptu Hendrik melanjutkan, untuk keberadaan Polisi RW sesuai dengan domisili tempat tinggalnya atau domisili tetangga dari lingkungan tersebut, namun tetap melaksanakan tugas pokok sesuai dengan fungsinya masing-masing. Tetapi apabila dibutuhkan di masyarakat, mereka hadir untuk mengatasi masalah di wilayah RW tempat mereka bertugas.

Kanit Reskrim Polsek Maulafa mengakhiri kegiatan Jumat Curhat dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang sudah terjalin bersama polisi, dan atas nama pimpinan serta institusi kepolisian, bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Jika ada sesuatu apapun pengaduan dari masyarakat, agar jangan segan-segan untuk melaporkan ke Polsek Maulafa atau Call Center Polri di nomor 110 bebas pulsa, dan juga dapat melaporkan ke Bhabinkamtibmas Naimata. Semoga segala masalah yang selama ini terjadi di lingkungan ini maupun di wilayah Polsek Maulafa, dapat kita atasi secara bersama-sama sehingga masyarakat dapat merasa tenang, nyaman dan aman dalam beraktifitas.