POLRESTA KUPANG KOTA TERUS GENCAR VAKSINASI BOOSTER.

POLRESTA KUPANG KOTA TERUS GENCAR VAKSINASI BOOSTER.

 

Klinik Polresta Kupang Kota hari Selasa tanggal 27 September 2022, mulai pukul 09.00 Wita membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 yang bertempat di Namosain Beach, Alamat Jalan Pahlawan, Rt. 015 Rw. 005, Kelurahan Namosain, Kecamatan Alak, Kota Kupang dengan jenis vaksin yang disediakan yakni Pfizer dan Covovax. 

Kepala seksi kedokteran dan kesehatan (Kasidokkes) Polresta Kupang Kota IPTU Daud Bessie, A.md. Kep, di sela-sela pelaksanaan vaksinasi menyampaikan bahwa kami terus berikan pelayanan dan tidak hanya "door to door" namun juga ke tempat keramaian salah satunya di pantai namosain ini. Pelayanan di fasilitas publik terus kami gencarkan, dan hari ini kami mengincar para pemuda yang berprofesi sebagai nelayan yang mungkin tidak bisa mendatangi tempat fasilitas kesehatan sehingga kami dengan cara "jemput bola" langsung mendatangi para nelayan. Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Kupang diharapkan bisa terus meningkat sehingga dapat menekan tingkat keparahan apabila seseorang terkena virus Covid-19, tutup IPTU Daud. 

Untuk di ketahui bahwa masyarakat yang akan menerima vaksin Covid-19 dosis 1 diharapkan membawa fotocopy/asli KTP atau kartu keluarga (KK), sedangkan masyarakat yang menerima vaksin dosis 2 membawa kartu vaksin/sertifikat vaksin pertama. Untuk yang akan menerima vaksin dosis booster harus sudah minimal 3 bulan setelah mendapatkan vaksin dosis lengkap (dosis 1 dan 2). 

Adapun alur pelayanan vaksinasi yakni peserta terlebih dahulu mengisi form identitas diri, kemudian dilakukan pengukuran suhu tubuh dan pemeriksaan tekanan darah, lalu ke meja pendaftaran untuk di periksa identitas diri melalui Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga, dilakukan screening/pemeriksaan kesehatan singkat oleh dokter, setelah dinyatakan sehat dan layak untuk menerima vaksin kemudian peserta diberikan suntikan vaksinasi dan terakhir ke meja observasi untuk pemantauan KIPI (Kejadian ikutan pasca imunisasi) dengan waktu 15-30 menit. Setelah semua tahapan selesai dan tidak mengalami KIPI kemudian peserta di perbolehkan untuk pulang. 

Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Namosain Beach oleh tim vaksinasi yang terdiri dari tenaga kesehatan yakni Dokter, Perawat dan Bidan serta anggota Polri Polresta Kupang Kota dengan jumlah 10 (sepuluh) Orang, dan yang dipimpin oleh Kasidokkes Polresta Kupang Kota IPTU Daud Bessie, A.md. Kep.

​​​​​​