Polresta Kupang Kota Siap Amankan Seluruh Tahapan Pilkada Serentak 2024

Polresta Kupang Kota Siap Amankan Seluruh Tahapan Pilkada Serentak 2024

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota menyatakan kesiapan personel dalam mengamankan seluruh tahapan Pilkada serentak Tahun 2024 di Kota Kupang.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si saat memimpin apel pagi mengatakan, Pilkada serentak Tahun 2024 telah memasuki tahapan penetapan, dan hari ini akan dilakukan pengundian nomor urut bagi Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang yang akan ikut dalam Pilkada.

 

"Harapan dari pimpinan dan tentunya masyarakat, pengamanan Pilkada serentak untuk pertama kalinya ini bisa diamankan oleh seluruh anggota dengan baik, seperti pada pengamanan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI serta Anggota DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi serta Kabupaten/Kota," kata Kapolresta, Senin (23/9/2024).

Tambahnya, seluruh anggota dapat mempersiapkan diri dengan baik, agar tugas pengamanan pesta demokrasi 5 tahunan ini berlangsung aman, lancar dan damai.

 

"Surat perintah pengamanan sudah dikeluarkan, laksanakan tugas sesuai Job Discription masing-masing dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak yang berlangsung kondusif hingga selesai," jelas Kombes Aldinan Manurung.

 

Pola pengamanan, lanjut dia, masih seperti pada Pilpres dan Pileg pada 14 Februari 2024, dengan bantuan pengamanan dari anggota Linmas di setiap TPS.

"Seluruh TPS akan diamankan oleh anggota Polri yang dibantu anggota Linmas, dengan pola pengamanan seperti Pilpres dan Pileg yang lalu," sebutnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, setelah pemungutan suara, kita juga antisipasi pasca pemungutan suara, kepada massa pendukung yang tidak puas atas perolehan suara.

 

Kita antisipasi pada masa kampanye yang akan dimulai tanggal 25 September 2024 mendatang, masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara di tanggal 27 November 2024, hingga pasca penghitungan suara, karena pasti adanya potensi-potensi terjadinya gesekan, dan harus kita cegah agar tidak menjadi gangguan nyata.

 

"Sebagai aparat keamanan, kita harus dukung dan sukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak yang aman, jujur dan adil, sehingga seluruh masyarakat dapat memberikan hak pilihnya dengan baik," pesan Kapolresta Aldinan dihadapan seluruh peserta apel pagi.

Hadir dalam apel pagi jam pimpinan, yakni para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, Kasie, Kanit, perwira dan bintara serta seluruh ASN Polresta Kupang Kota. (AN)