Polresta Kupang Kota Gelar Strong Point, Wujud Nyata Pelayanan Polri kepada Masyarakat

Polresta Kupang Kota Gelar Strong Point, Wujud Nyata Pelayanan Polri kepada Masyarakat

Tribratanewskupangkota.com - Personel Polresta Kupang Kota hingga Polsek jajaran melaksanakan Strong Point di berbagai titik rawan kemacetan lalu lintas. Kegiatan ini berlangsung serentak di berbagai sudut jalan di Kota Kupang dengan tujuan menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas), terutama pada jam-jam sibuk aktifitas masyarakat di pagi hari.

 

Dimulai pukul 07.00 hingga 08.00 WITA, personel ditempatkan di sejumlah titik atau lokasi strategis yang kerap menjadi titik kemacetan, seperti di sepanjang Jalan W.J Lalamentik, Cak Doko Oebobo, Frans Lebu Raya Oebufu hingga Lililba, Bundaran Tirosa, Frans Seda Walikota, Urip Sumohardjo depan Kampus Unika hingga Strat A, Jalan Timor Raya Oeba hingga Subasuka, dan Jalan R.W Monginsidi Pasar Oebobo.

 

Selain itu, personel juga di-ploting di Jalan Adi Sucipto Bundaran Oesapa hingga Tugu Merpati Penfui, Jalan Amabi Tofa, Terminal Bayangan Oepura, Jalan Fetor Foenay sekitar Masjid Darul Hijrah dan Gereja Kaisarea BTN, sepanjang Jalan H.R Koroh Oepura hingga perempatan Jalur 40 Sikumana, pertigaan Jalan Taebenu-Jalur 40 Naimata, sepanjang Jalan Sam Ratulangi Walikota, sepanjang Jalan Pahlawan Nunhila hingga Namosain, dan juga di Jalan Yos Sudarso Alak.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si menyatakan bahwa kegiatan Strong Point atau pengaturan lalu lintas dan penyeberangan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen Polri dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

 

"Strong Point dilakukan untuk memastikan lalu lintas berjalan lancar dan juga dapat menekan angka kecelakaan di wilayah hukum Polresta Kupang Kota, terutama pada jam sibuk seperti di pagi hari. Kami berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas dan selalu mematuhi aturan yang berlaku," ujar Kombes Aldinan, Rabu (9/10/2024).

Dikatakannya lagi, dengan dilaksanakan Strong Point secara rutin setiap hari, diharapkan situasi kamtibmas di wilayah Kota Kupang tetap kondusif, serta angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir. Polri akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

 

Tambah Kapolresta Aldinan Manurung, dengan menempatkan personel di lokasi yang kerap macet dan rawan kecelakaan dengan melaksanakan pengaturan arus lalu lintas, penyeberangan orang, dan penindakan terhadap pelanggar yang tidak mematuhi aturan, seperti pengendara yang tidak menggunakan helm, masyarakat semakin patuh saat berkendara di jalan.

 

"Kami tetap mengutamakan pendekatan humanis dalam melakukan penertiban. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas, yang tentunya demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain" ujar mantan Wakapolresta Kupang Kota itu.

Lebih lanjut dikatakan, pengaturan lalu lintas dan penyeberangan juga dilakukan di beberapa sekolah yang cukup ramai dengan aktifitas guru dan pelajar yang hendak masuk sekolah.

 

Situasi lalu lintas di lokasi-lokasi diatas terpantau aman dan lancar, namun masih ditemukan pelanggaran kasat mata, seperti pengendara yang tidak mengenakan helm. Personel menghentikan pelanggar dan memberikan edukasi untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas,” pungkas mantan Wadir Narkoba Polda NTT ini. (LLC)