Polres Kupang Kota Melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam 2022 Bersama Instansi Terkait

Polres Kupang Kota Melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam 2022 Bersama Instansi Terkait

 

Tribratanewskupangkota.com- Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana di wilayah Kota Kupang, Polres Kupang Kota didukung pemerintah kota kupang, TNI dan seluruh instansi terkait melaksanakanan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam 2022 Di Wilayah Kota Kupang, Jumat (18/02/22) pukul 08:00 WITA bertempat di lapangan Mako polres Kupang Kota.

Hadir dalam pelaksanaan Apel tersebut yakni Walikota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, S.E., M.M. yang merupakan pimpinan apel , Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P.T. Binti, S.I.K, Dandim 1604 Kupang Letkol Inf. Muhammad Iqbal Lubis, S.I.P., Kepala Dinas BPBD Kota Kupang Ernest S. Ludji, S.STP., M.Si, Kepala Dinas Sosial Kota Kupang Lodiwyk Djungu Lape, S.Sos, Kepala BMKG Kota Kupang. 

Amanat pimpinan apel terkait kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah Kota Kupang dengan point ,Kita ketahui bersama, saat ini kita sementara dalam kondisi perubahan iklim yang ekstrim berpotensi terjadinya banjir, tanah longsor, angin puting beliung / angin kencang serta bencana lainnya. Bencana tersebut tentunya akan membawa dampak yang merugikan terhadap Kota Kupang. Kondisi tersebut juga berimplikasi terhadap munculnya berbagai kejadian konvensional yang cendrung meningkat secara kuantitas dan kualitas maupun kejahatan lainnya sebagai imbas terjadinya bencana tersebut. 

Dari fakta yang saya sampaikan di atas, saya harapkan menjadi suatu bahan introspeksi untuk lebih memaksimalkan berbagai upaya proaktif  guna memberikan jaminan rasa aman bagi masyarakat Kota Kupang, khususnya yang terlibat langsung dalam penanggulangan bencana di Kota Kupang serta  menyelenggarakan siaga satgas bencana dengan  mengedepankan tindakan preventif yang didukung deteksi dini serta penegakan hukum secara profesional dan proporsional. 

Pada implementasinya personil Polres Kupang Kota dan Personil TNI serta personil dari instansi terkait lainnya akan dilibatkan pada seluruh tahapan penanggulangan bencana berdasarkan tingkat kerawanannya.