Personel Polresta Kupang Kota Ikut Binrohtal, Wakapolresta: Jangan Lupa Selalu Mengucap Syukur.

Personel Polresta Kupang Kota Ikut Binrohtal, Wakapolresta: Jangan Lupa Selalu Mengucap Syukur.

Tribratanewskupangkota.com - Personel Polres Kota Kupang Kota, melaksanakan pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) yang merupakan kegiatan rutin, Kamis pagi (16/2/2023).

Pelaksanaan binrohtal dilaksanakan di Gereja Oekumene Polresta Kupang Kota yang dipimpin oleh Pendeta Monalisa Fanggidae-Dethan, S.Th dan dihadiri oleh Wakapolresta Kupang Kota Akbp Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si serta Kabag Operasi Kompol Joni F.M Sihombing, S.E, S.I.K., M.M, Kabag Sumber Daya Manusia Kompol Margaritha Sulabesi, S.Sos, Kasat Samapta Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M, para perwira dan bintara.

Binrohtal merupakan salah bentuk kegiatan untuk meningkatkan iman personel kepada Tuhan yang kuasa serta untuk mendukung pelaksanaan tugas yang diemban setiap hari agar bisa bersikap baik dalam tugas pelayanannya.

Dalam khotbahnya Pendeta Monalisa memberikan contoh analogi dalam sebuah permainan puzzle, yang mana kita dilatih untuk bekerja atau berbuat sesuatu dengan teliti dan sabar sehingga bisa menyusun setiap gambar dengan baik sampai selesai. "Pada permainan puzzle kita dilatih teliti dan sabar untuk menyelesaikan permainan tersebut. Pada pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai anggota polisi pun demikian, harus sabar dalam melayani masyarakat dengan berbagai watak, sikap dan perilakunya agar masyarakat bisa tertib serta kesejahteraannya dapat terwujud", jelasnya.

Seperti perintah Allah kepada Nabi Yeremia untuk mengusahakan kesejahteraan kepada umatnya di Babel sekalipun mereka hidup sebagai budak. Cara mensejahterakan yakni melihat potensi yang ada dalam bangsa itu dan bekerjasama.

Penugasan Allah kepada Nabi Yeremia juga sama seperti penugasan kepada anggota polisi, dimana tugas polisi untuk terus mengingatkan masyarakat akan kesadaran tertib di jalan raya maupun di lingkungan tempat tinggal. Apabila masyarakat tertib maka polisi pun menjadi sejahtera karena masyarakat sudah sadar akan tata tertib yang sudah diatur dalam undang-undang. "Strategi polisi dalam melayani yang saya lihat di setiap kantor polisi yakni senyum, sapa dan salam. Apabila setiap polisi senyum duluan saat melayani maka masyarakat akan merasa senang dan diharapkan masyarakat pun sadar akan peraturan dan tata tertib yang ada", pesan ibu pendeta.

Dalam kesempatan tersebut setelah pelaksanaan ibadah, Wakapolresta Kupang Kota meminta agar kegiatan binrohtal ini bisa dilakukan setiap seminggu sekali karena kita juga wajib bersyukur atas apa yang sudah kita dapatkan salah satunya kesehatan. "Kita sebagai problem solving sehingga perlu banyak mendekatkan diri dengan Tuhan agar bisa dituntun di dalam pelaksanaan tugas setiap hari. Ucapan syukur bukan hanya dalam bentuk memberikan materi namun juga dengan banyak berdoa.