Pemulangan Nelayan Indonesia Oleh Pemerintah Australia Menggunakan Kapal ABFC Cape Byron

Pemulangan Nelayan Indonesia Oleh Pemerintah Australia Menggunakan Kapal ABFC Cape Byron

Tribratanewskupangkota.com (Selasa, 9/1/2024), sekitar pukul 08.15 WITA, Kapal Pemerintah Australia ABFC Cape Byron tiba dan bersandar di Dermaga Multipurpose Pelabuhan Tenau Kupang. Kapal ini membawa 36 Nelayan Indonesia yang sebelumnya ditangkap oleh Kapal ABF (Australian Border Force) pada tanggal 30-31 Desember 2023 di Laut Australia.


Pejabat Pemerintah Indonesia yang hadir untuk menjemput di Pelabuhan Tenau melibatkan beberapa instansi, antara lain Kepala Kantor SPKKM Bakamla Kupang Yeanry M. Olang, S. Kom, MM; Dir Polairud Polda NTT Kombes Pol Irwan Devi Nasution, Sik, MH; Dir Reskrimum Polda NTT Kombes Pol Patar Silalahi, Sik; GM Pelindo Tenau Kupang Zanuar Eka Wijaya; Kepala KSOP Kupang Simon Baun; Kepala Kantor Imigrasi Kupang Christian Pena; Kepala Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kupang Umar Fahmi, SKM, MKM; Kadisal Lantamal VII Letkol Laut (P) Suyanto; dan Kepala Urusan Umum PSDKP Adi Chandra, S.Ap, MPA.


Proses penyambutan dimulai  ketika Kapal ABFC Cape Byron bersandar di pelabuhan Tenau Kupang dan diterima oleh Kepala Bakamla Kupang Yeanry M. Olang, S. Kom, MM, kemudian tim gabungan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi, Bea Cukai, dan KSOP melakukan pemeriksaan terhadap 36 Nelayan Indonesia. 
Setelah pemeriksaan kesehatan dinyatakan selesai, ke-36 nelayan yang diamankan oleh pihak Australia  diserahkan oleh ABF ke PSDKP Kupang, kemudian nelayan-nelayan tersebut dibawa ke Kantor Stasiun PSDKP Kupang untuk diserahterimakan ke DKP Provinsi NTT. Ke-36 Nelayan Indonesia berasal dari 4 Kapal yang ditangkap oleh ABF pada tanggal 30 dan 31 Desember 2023 yakni berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tenggara. 


Keempat Kapal milik Nelayan Indonesia yang diamankan oleh pihak Australia tersebut, selanjutnya dimusnahkan oleh Pemerintah Australia dan Kapal ABFC Cape Byron dijadwalkan kembali ke Darwin pada pukul 14.00 WITA setelah proses pemulangan dan serah terima Nelayan selesai.
Dalam pelaksanaan penyerahan ke-36 nelayan Indonesia tersebut, anggota Pos KP3 Laut Tenau Kupang di bawah pimpinan Kepala KP3 Laut Ipda Teguh melakukan pemantauan dan pengamanan hingga pada keberangkatan kapal ABFC Cape Byron.  (AM)