Antisipasi Aksi Unras, Polsubsektor Tenau Bersama Security Pelindo Gelar Exercise Live ISPS Code

Antisipasi Aksi Unras, Polsubsektor Tenau Bersama Security Pelindo Gelar Exercise Live ISPS Code

Tribratanewskupangkota.com - Dalam upaya menangani ancaman keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan, serta  memastikan kelancaran operasional di area Pelabuhan Laut Tenau Kupang, personel Polsubsektor Tenau bersama Security PT. Pelindo, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kupang, Babinsa Koramil Alak dan instansi terkait lainnya, menggelar simulasi aksi unjuk rasa oleh masyarakat sekitar Pelabuhan Tenau kepada PT. Pelindo Tenau Kupang, pada Kamis (29/8) kemarin. 

 

Aliansi masyarakat Tenau sekitar 25 orang melakukan aksi unjuk rasa di area Pelabuhan Tenau, dengan membawa spanduk yang berisikan beberapa tuntutan yang ditujukan kepada Management PT. Pelindo, terkait keadilan dan jaminan pekerjaan yang pernah dijanjikan oleh PT. Pelindo Tenau kepada warga, khususnya yang berdomisili di sekitar pelabuhan. 

 

Menghadapi aksi unras itu, PT. Pelindo Tenau telah memasang barrier, dan petugas security pelabuhan berjaga di pintu masuk Zona A, untuk mengamankan aset Pelindo, yang di-backup oleh anggota Polsubsektor Pelabuhan Tenau, Babinsa Koramil Alak, KPLP Kupang. 

Para pendemo yang tiba pelabuhan, lalu berorasi dan juga membakar ban bekas serta menyalakan filfire di depan pintu masuk. 

 

Petugas keamanan yang berjaga kemudian berusaha memadamkan api yang berasal dari ban bekas yang dibakar oleh pendemo dengan menggunakan Alat Padam Api Ringan (APAR), hal itu lalu membuat pendemo tidak terima dengan dipadamkannya api oleh petugas keamanan, sehingga terjadi gesekan atau aksi saling dorong antara pendemo dengan petugas keamanan. 

 

Ada beberapa pendemo yang berhasil menerobos petugas keamanan dan menyusup masuk ke Zona A, yang kemudian diamankan oleh pihak kepolisian dan Babinsa Koramil Alak. 

 

Pendemo kemudian dapat dipukul mundur oleh petugas keamanan pelabuhan, situasi pelabuhan lalu mulai berangsur aman dan terkendali. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang dihubungi melalui Kapolsubsektor Pelabuhan Tenau Ipda Teguh Imam Santoso mengatakan, simulasi yang digelar guna melatih kesiapsiagaan seluruh personel dan petugas keamanan di dalam pelabuhan, sehingga aktifitas penumpang tidak terganggu, dan menjaga fasilitas pelabuhan agar tidak mengganggu operasional di pelabuhan. 

"Kita berharap latihan bersama ini mampu meningkatkan kemampuan personel dan melatih kesiapan tim serta peralatan dalam menyikapi situasi darurat dan ancaman, baik internal maupun eksternal. Dengan tujuan agar semua pihak siap menangani situasi darurat," kata Kapolsubsektor Tenau, Minggu (1/9/2024). 

 

Selain itu, tambah Ipda Teguh, sekaligus menguji prosedur pengamanan yang telah ditetapkan, serta menjaga komunikasi antar pihak, sehingga tidak terjadi miss komunikasi di lapangan. 

 

Diketahui, sebelumnya dilangsungkan upacara pembukaan kegiatan Exercise Live ISPS (Internasional Ship and Port Facility Security) Code, sebagai Inspektur Upacara Kepala KSOP Kelas III Kupang Simon B. Baon, S.Sos., M.H dan dihadiri oleh GM Pelindo Tenau Kupang Zanuar Eka Wijaya, Kapolsubsektor Pelabuhan Tenau Kupang Ipda Teguh Imam Santoso, dengan peserta upacara terdiri dari 2 pleton dari KSOP Kelas III Kupang, 1 pleton dari Security Pelabuhan dan TKBM, 1 regu dari Polsubsektor Tenau, serta Babinsa Koramil Alak. 

Exercise Live ISPS (International Ship and Port Facility Security) Code adalah regulasi IMO (International Maritime Organization), yang mengatur tentang kegiatan-kegiatan dan langkah-langkah yang harus diambil oleh setiap negara dalam menangani ancaman keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan, serta  memastikan kelancaran operasional. (AN)