Pelipatan Surat Suara Pemilu, Personel Polresta Kupang Kota Tingkatkan Pengamanan

Pelipatan Surat Suara Pemilu, Personel Polresta Kupang Kota Tingkatkan Pengamanan

Tribratanewskupangkota.com - Menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang, setiap tahapan inti telah berjalan.

 

Pada tahapan persiapan logistik Pemilu saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang telah menerima logistik Pemilu.

 

Logistik Pemilu, yakni kotak suara, bilik suara dan tinta sidik jari, kini disimpan di gudang KPU Kota Kupang, yang beralamat di Jalan Timor Raya KM. 8, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

 

Dengan adanya logistik Pemilu tersebut, pengamanan juga menyesuaikan dengan kondisi lokasi di gudang logistik tersebut, dengan penempatan sejumlah personel dari Polresta Kupang Kota.

 

Kasihumas Polresta Kupang Kota IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly mengatakan, sesuai Prosedur Tetap (Protap), dengan adanya logistik Pemilu 2024 pada gudang KPU Kota Kupang, maka personel langsung melakukan pengamanan secara ketat selama 24 jam.

 

"Setelah terdapat logistik Pemilu, Kapolresta Kupang Kota langsung menerbitkan surat perintah pengamanan. Sebanyak 7 personel setiap hari di stand by kan di lokasi selama 24 jam," jelas IPDA Frangky kepada media ini, Rabu (20/12) pagi tadi.

 

Selain itu, pengamanan preventif juga dilaksanakan atau patroli oleh personel Satuan Samapta dan Reskrim, agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ujarnya lagi.

 

Saat ini juga sedang dilakukan pelipatan dan sortir surat suara Pemilu 2024, sehingga personel memperketat pengamanan agar berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.

 

"Kini sedang berlangsung kegiatan sortir dan pelipatan surat suara, dan personel mengamankan setiap proses pelipatan surat suara Pemilu, guna mengantisipasi adanya kecurangan atau gangguan keamanan lainnya yang dapat menghambat penyelenggaraan Pemilu 2024 nantinya," tutup Kasihumas. (AN)