Operasi Ketupat Turangga 2023, Pj. Wali Kota Kupang Pimpin Apel Gelar Pasukan.

Operasi Ketupat Turangga 2023, Pj. Wali Kota Kupang Pimpin Apel Gelar Pasukan.


Tribratanewskupangkota.com - Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H / Tahun 2023, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kupang Kota melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ketupat Turangga, yang berlangsung di lapangan apel Mapolresta Kupang Kota, Senin sore (17/3/2023). 

Apel gelar pasukan Ketupat Turangga 2023 dengan tema "Mudik Aman Berkesan", dipimpin oleh Penjabat Wali Kota Kupang George M. Hadjoh, S.H, yang didampingi oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, dan dihadiri oleh unsur Forkompimda Kota Kupang.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Pj. Wali Kota Kupang, intinya bahwa kegiatan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Turangga 2023 ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dalam mengamankan Perayaan Idul Fitri 1444 H baik dari kesiapan personil, sarana dan prasarana serta dukungan logistik lainnya dan juga untuk menjalin koordinasi atau sinergi dengan seluruh Instansi atau pihak-pihak yang terkait dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan oleh Penjabat Wali Kota Kupang.

Serta Operasi Ketupat Turangga 2023 merupakan Operasi Kemanusiaan yang mengedepankan tindakan Persuasif, Humanis dan Tegas guna mencegah masyarakat yang mudik lebaran guna mewujudkan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif dalam pelaksanaan Idul Fitri 1444 H.

Dalam wawancaranya Kapolresta Kupang Kota mengatakan "Kami menyiapkan 2 pos terpadu ini adalah 2 pos yang digunakan untuk pengamanan jalur keluar masuk melalui darat dan laut, 4 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan sedangkan personel yang dilibatkan polri sebanyak 258 personel dan instansi lainnya seperti TNI, Satpol Pamong Praja, Dinas Perhubungan Kota Kupang dengan total kurang lebih 434 personel, dilaksanakan dengan kolaboratif sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Kupang dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

"Untuk fokus pengamanan dari pos pengamanan dan pelayanan ditempatkan di area publik seperti mall dan pasar tradisional serta jalur keluar masuk melalui laut dan udara serta mengantisipasi berbagai kejahatan kami bersama instansi terkait lakukan patroli", ujar Kombes Krisna.

 "Saya imbau kepada masyarakat yang ingin mudik, pertama siapkan fisik dan mental, membawa barang yang dibutuhkan tidak berlebihan, barang-barang berharga disimpan dengan aman, menggunakan kendaraan agar dilengkapi kelengkapan keselamatan kendaraan dan surat-surat kendaraan dan pastikan sebelum meninggalkan rumah dalam keadaaan terkunci dan aman", tutup Kapolresta.

Setelah selesai apel gelar pasukan, dilakukan "Show Of Force" kendaraan dinas TNI/POLRI, Satpol Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran dan Ambulans untuk menunjukkan kepada masyarakat Kota Kupang terkait kesiapan sarana dan prasarana Polresta Kupang Kota dan instansi terkait dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri.