Ngopi Bareng Warga Fontein, Kapolresta Mengajak Warga Lebih Peduli Lingkungan Dengan Siskamling

Ngopi Bareng Warga Fontein, Kapolresta Mengajak Warga Lebih Peduli Lingkungan Dengan Siskamling

Tribratanewskupangkota.com – Diskusi santai yang dikemas dalam Ngopi atau Ngobrol Pinggiran bareng Polresta Kupang Kota, kembali dilaksanakan, dan kali ini berlangsung di rumah Bapak Gregorius Bereloy, Rt. 025 Rw. 009, Kelurahan Fontein, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Jumat (15/9) pagi.

Kapolresta Kupang Kota Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.) Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, hadir langsung dalam ngopi bareng bersama warga Kelurahan Fontein.

Turut hadir pula, Kasat Lantas Kompol Imanuel Zacharias, Kasat Intelijen Keamanan Kompol Jonny S. Nahak, S.E., S.I.K., Kasat Pembinaan Masyarakat (Binmas) AKP Verry Polin, S.H, Kanit Reskrim Polsek Oebobo IPTU Sjalom Rohi, Kasihumas Polresta Kupang Kota IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly, Lurah Fontein Yosef Suhadrin, S.Sos,

Salah satu warga Kelurahan Fontein Elisabeth Ludji, mempertanyakan terkait permasalahan kasus kebakaran yang terjadi pada Tahun 2021, dimana proses penanganannya sampai kini belum selesai. “Saya ingin tanya pak Kapolresta, sebagai Ketua Rt, saya di tanya terus oleh warga terkait kasus kebakaran yang terjadi sejak 2 tahun lalu, namun sampai saat ini pelakunya belum ditangkap”, ungkap Lisa yang biasa disapa.

Kanit Reskrim dalam jawabannya mengatakan bahwa saat ini, proses hukum dalam tahap penyelidikan, dan belum masuk tahap penyidikan, karena masih dilakukan penyelidikan terkait saksi-saksi yang melihat. “Kebetulan kasusnya terjadi tengah malam, sehingga masih terkendala saksi yang melihat kejadian awal terjadi”, ujarnya.

Kapolresta Kombes Krisna menambahkan, bahwa penyelidikan suatu tindak pidana membutuhkan keterangan saksi dan barang bukti, sehingga polisi harus bekerja untuk mencari bukti dan saksi yang melihat kejadian tersebut. “Saya sebagai pimpinan memohon maaf atas penanganan kasus yang berlarut, namun akan segera kami tindaklanjuti dengan menggelar kembali kasus tersebut untuk mendapat kepastian hukum”, janji Kapolresta.

Seorang Warakawuri menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan ngopi bareng, karena polisi hadir di tengah masyarakat, untuk mendengar keluhan dan masukan langsung dari masyarakat sebagai koreksi atas pelayanan Polri. “Saya apresiasi Kapolresta Kupang Kota, karena hadir langsung di tengah-tengah kami, untuk dengar keluhan dan masukan. Sebagai Warakawuri Polri, saya bangga atas pelayanan Polri kini, yang dilakukan secara humanis”, ungkap Eda Bereloy.

Permasalahan lain diungkap warga secara bergantian, dengan menanyakan terkait permasalahan keamanan dan sosial yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat Kelurahan Fontein.

Kapolresta diakhir diskusi, mengajak warga Kelurahan Fontein untuk peduli lingkungan tempat tinggalnya dengan  membuat Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling). “Atas semua permasalahan yang dialami warga, merupakan bagian dari pemeliharaan kamtibmas yang akan dilakukan oleh Kepolisian, namun pada kesempatan ini saya mengajak warga untuk peduli lingkungan sendiri dengan melakukan ronda malam melalui siskamling. Apabila warga juga ikut peduli, maka bisa bekerja sama dengan polisi dalam memelihara kamtibmas”, pesan Mantan Kapolres TTU itu.

Dengan dilaksanakannya diskusi bersama, antara Kepolisian dan masyarakat, diharapkan setiap permasalahan yang selama ini menjadi kendala atau hambatan, bisa dicarikan solusi penyelesaiannya, sehingga kamtibmas yang dalam kondisi kondusif bisa terwujud. (AN)