Meriahkan Hari Bhayangkara ke-77, Kapolresta Kupang Kota Ikut Dalam Atraksi Lompat Api

Meriahkan Hari Bhayangkara ke-77, Kapolresta Kupang Kota Ikut Dalam Atraksi Lompat Api

Tribratanewskupangkota.com - Setelah selesai pelaksanaan upacara Hari Bhayangkara ke-77, yang berlangsung di Alun-Alun Rumah Jabatan Gubernur NTT, Sabtu (1/7/2023) pagi, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, ikut dalam atraksi lompat api bersama personel yang sudah terlatih.

Personel Polresta Kupang Kota yang telah dilatih, terdiri dari polisi laki-laki (polki) dan polisi wanita (polwan), dari beberapa fungsi operasional dan pembinaan, turut memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77, dengan menampilkan kemampuan dalam bela diri, melakukan atraksi lompat api pada wadah yang sudah disiapkan, dan simulasi tugas dari Polisi RW saat menerima laporan pengaduan dari warga. 

Diawali dengan simulasi Polisi RW, dimana disimulasikan BRIPKA Polce Adu, salah satu personel Satlantas Polresta Kupang Kota, yang saat sedang melakukan tugas pokoknya dalam bidang lalu lintas, mendapat laporan adanya pesta di lingkungan RW nya, sehingga sebagai Polisi RW harus menjalankan tugas dan peran dengan melakukan himbauan terkait batas waktu pelaksanaan pesta tersebut, menghindari konsumsi minuman keras dan tidak membuat gangguan terhadap kamtibmas.

Kemudian dilanjutkan dengan menampilkan kemampuan dalam bela diri, seperti menangkis dan melumpuhkan lawan atau musuh, yang bisa terjadi dalam pelaksanaan tugas setiap hari. Selanjutnya ditunjukkan kemampuan mematahkan balok es, kayu dan batu batako yang sudah disediakan. 

Penampilan terakhir, yakni atraksi lompat api dari dua arah, personel melompati cincin api yang membara secara bergantian. Dan pada lompatan lingkaran api yang terakhir, ditunjukkan oleh Kapolresta Kupang Kota, dengan melakukan lompatan secara sempurna.

"Saya ingin tunjukkan kepada personel bahwa sebagai pimpinan tidak hanya bertugas membina dan mengarahkan dalam melakukan tugas sehari-hari, namun juga harus bisa hadir langsung dan memberikan contoh, semangat yang harapannya bisa memotivasi seluruh personel untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat", ujar Kombes Krisna saat ditemui setelah mengikuti atraksi lompatan api. 

Seluruh kegiatan tersebut, disaksikan oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, Forkopimda Provinsi NTT, Penjabat Wali Kota Kupang, Dandim 1605/Kupang dan tamu undangan, serta seluruh peserta upacara. 

Kemampuan yang ditunjukkan oleh personel tersebut untuk menunjukkan kepada masyarakat khususnya di Kota Kupang, bahwa Polresta Kupang Kota senantiasa siap dalam melindungi dan melayani masyarakat, dengan segala situasi yang mungkin akan terjadi sehingga masyarakat benar-benar merasakan pelayanan yang terbaik dari Polri.