Live Streaming Bareng Pos Kupang, NGOPI Barengan Polresta Kupang Kota Dilakukan di Hypermart Bundaran Tirosa.

Live Streaming Bareng Pos Kupang, NGOPI Barengan Polresta Kupang Kota Dilakukan di Hypermart Bundaran Tirosa.

Tribratanewskupangkota.com_Pada hari Sabtu tanggal 26 November 2022 pada pukul 19.00 Wita, bertempat di halaman parkiran Hypermart, Tuak Daun Merah, Kelurahan TDM, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, telah berlangsung kegiatan Ngopi (Ngobrol Pinggiran) bareng Polresta Kupang Kota. Kegiatan ini mencakup bincang-bincang santai dengan Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K.,M.H., pelayanan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) dan vaksinasi Covid-19 dosis 1, 2 dan boster. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolsek Oebobo, Kasat Intelkam, Kasat Reskrim, Kasat Binmas, Babin TDM, Pos Kupang, pihak Manajer Hypermart Kupang dan warga sekitar.

Pada pukul 20.00 Wita, Kapolresta Kupang Kota membuka kegiatan dengan memberikan kesempatan kepada warga masyarakat Kota Kupang untuk bertanya maupun menyampaikan keluhan terkait Kamtibmas maupun permasalahan sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Pertanyaan pertama berasal dari Bapak Hendro warga RT 011 Kelurahan TDM tentang pelayanan SIM yang tidak rutin, bisnis online yang marak di wilayah Kota Kupang dan terjadinya kelangkaan minyak tanah yang mengakibatkan antrian panjang tanpa pendampingan dari pihak kepolisian. "Untuk perpanjang SIM ini kami tempatkan setiap hari, cuman belum ditempatkan di wilayah kecamatan maupun RT dan saya sudah susun untuk di bulan Desember akan ada pelayanan SIM di masing-masing kecamatan. Terkait bisnis online langsung didiskusikan ke saya dan saya akan menyuruh Satuan Reskrim Polresta untuk menindaklanjuti. Terkait dengan antrian akibat kelangkaan minyak tanah saya sudah turunkan Tim dari Tipiter Polresta Kupang Kota untuk melakukan antisipasi sehingga tidak terjadi penimbunan minyak tanah", tanggap Kapolresta Kupang Kota. 

 

"Kalau bisa sekolah kami dikunjungi karena kami sering bertindak pada siswa-siswi langsung didatangi oleh pihak orang tua maupun wartawan", ungkap Ibu Agnes yang merupakan guru di salah satu SD di Kota Kupang dan disambut baik oleh Kapolresta Kupang Kota. Kemudian salah seorang warga Liliba bernama Bapak Herman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polresta Kupang Kota karena setiap kali menghubungi pihak 110 Polresta Kupang Kota selalu direspon dengan baik dan cepat. 

Seorang warga RT 001 Kelurahan TDM juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Polresta Kupang Kota karena sudah bertindak dengan baik terkait kasus pengrusakan yang terjadi di wilayah TDM baru-baru ini dan menyampaikan keluhan mengenai anggota lantas yang sering melakukan pengejaran saat warga yang mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm. "Saya berharap kepada semua masyarakat maupun pihak RT agar kedepannya tidak ada kasus serupa yang terjadi lagi dan sesuai dengan arahan dari Bapak Kapolri saat ini tidak boleh ada tindak pengejaran dari petugas kepolisian", jawab Kapolresta Kupang Kota. 

 

Seorang warga Fatululi menyampaikan bahwa anggota Bhabin dari Wilayah Fatululi selalu bertindak dengan baik dan diharapkan masuk bulan Desember agar Polresta Kupang Kota bertindak perihal pesta yang dilaksanakan sampai pagi hari. "Saya minta kepada warga Fatululi agar sampaikan ke saya apabila Bhabinnya bertindak tidak baik. Kalau di wilayah Fatululi masih ada pesta sampai jam 00.00 Wita, berarti Bhabin tidak bekerja dengan baik dan tolong sampaikan kepada Bhabin di wilayah tersebut atau langsung kepada pihak Polresta Kupang Kota dan akan mengoptimalkan di bulan Desember", ucap Kapolresta. 

 

Selanjutnya dari mantan RT 005/RW 001 Kelurahan Tuak Daun Merah menyampaikan bahwa parkiran di Jalan Frans Seda sangat rawan dan dapat menyebabkan kecelakaan, sehingga meminta pihak Polresta untuk mensosialisasi tata cara parkir yang benar kepada para tukang parkir. Kapolresta langsung menanggapi bahwa akan menyuruh pihak Satlantas Polresta Kupang Kota agar bertindak dalam hal parkiran yang terjadi di wilayah TDM dan Bhabin di wilayah tersebut ditugaskan untuk menghimbau mengenai parkiran yang benar. 

 

"Setelah pergantian Bapak Kapolresta Kupang Kota, Kota Kupang mulai mempunyai perubahan yang luar biasa bagi kami masyarakat Kota Kupang. Saya usul berkaitan dengan momen hari Natal yang sudah dekat agar pihak Polresta menindak warga-warga yang menjual kembang api dan juga selalu mengingatkan kepada pembeli agar membakar kembang api pada tempat yang baik", ucap Bapak Yeskial warga Kelurahan Oebufu. "Saya sudah membuat tim agar menindak warga yang menjual kembang api tanpa mempunyai surat ijin", jawab Kapolresta Kupang Kota. 

 

Salah seorang warga TDM juga berterima kasih kepada Bhabin di wilayahnya dan Kapolresta Kupang Kota yang sudah bertindak dengan baik terkait laporan kasus kembang api rakitan yang terjadi di wilayah TDM. Seorang warga di Kelurahan Oebobo mengeluh bahwa di wilayahnya banyak anjing-anjing yang mati karena terkena racun potas. Kapolresta Kupang Kota langsung meminta kepada Kapolsek Oebobo yang juga hadir dalam kegiatan ini untuk menindaklanjuti hal tersebut. 

 

Bapak Yuven Bria warga Kelurahan Oesapa, meminta agar anggota Polresta selalu melakukan himbauan kepada warga Tuahur di Kelurahan Oesapa yang selalu mabuk-mabukan karena minum minuman keras dan melakukan palak/pajak kepada warga yang melintas di wilayah tersebut. Kapolresta Kupang Kota pun segera memerintahkan Kasat Reskrim bersama Kapolsek Kelapa Lima agar memonitoring dan melakukan penindakan terhadap warga Oesapa yang meminum miras sehingga mabuk-mabukan dan melakukan palak/pajak terhadap warga yang melintas. 

 

Kegiatan Ngopi (Ngobrol Pinggiran) yang dilaksanakan oleh Polresta Kupang Kota ini, sebagai bentuk edukasi dan wadah untuk mencari solusi dalam pemecahan masalah maupun penyampaian informasi dari masyarakat terkait kamtibmas ataupun permasalahan sosial lainnya yang terjadi di Kota Kupang. Kegiatan ini berakhir pada pukul 22.00 Wita dalam keadaan kondusif dan lancar.