Korsabhara Baharkam Polri Lakukan Supervisi di Polresta Kupang Kota

Korsabhara Baharkam Polri Lakukan Supervisi di Polresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com – Dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap Fungsi Samapta dan Pengamanan Obyek Vital (Pamobvit), Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, menyambut kedatangan Tim Supervisi dari Korps Sabhara Badan Pemelihara Keamanan (Korsabhara Baharkam) Polri, di Mako Polresta Kupang Kota, Senin (27/11).

Kedatangan tim, dipimpin oleh Kombes Pol. Harri Muharram Firmansyah, S.I.K (Kasubditcakkal Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri), Kombes Pol. Purwoko, S.I.K., S.H., M.Hum (Kabagopsnalev Korsabhara Baharkam Polri), Kompol Hermansyah Bangun Jaya (Kasigatih Subditlat Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri), AKP Winnie Widiana (Kaurmin Subditwaster Ditpamobvit Korsabhara Baharkam Polri), Penda Tk. 1 drh. Nadia Kamila (Ahli pertama Medik veteriner Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri), BRIPKA Derman Sentosa Sembiring (Banit Den K9 Subdircakkal Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri).

 

Turut mendampingi tim supervisi, dari Direktorat Pamobvit Polda NTT, yakni AKP Marthen Koang (PS. Kasubagminopsnal Ditpamobvit Polda NTT), dan IPTU Kornelis Tuati (PS. Paurbagbinopsnal Ditpamobvit Polda NTT).

Supervisi yang berlangsung di Aula Bijaksana Polresta Kupang Kota, dihadiri oleh pejabat utama di lingkungan Polresta Kupang Kota, Kapolsek jajaran, perwira, bintara selaku Kepala Unit dan Perwira Unit Fungsi Samapta Polresta Kupang Kota serta Polsek jajaran.

 

Dalam sambutannya, Wakapolresta memberikan ucapan selamat datang kepada Tim Supervisi Korsabhara Baharkam Polri, dan memperkenalkan seluruh pejabat serta perwira yang hadir.

“Selamat datang kepada tim supervisi, kami menyambut baik dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi di Polresta Kupang Kota. Perlu diketahui, bahwa Polresta Kupang Kota belum mempunyai pejabat Kepala Satuan (Kasat Pamobvit), namun dengan masih dibawah kendali Kasat Samapta, semua tugas yang diemban Pamobvit tetap berjalan dengan aman dan lancar,” ungkap Wakapolresta Kupang Kota.

 

Ketua tim supervisi kemudian memberikan arahan terkait kesiapan personel maupun Sarana dan Prasarana (Sarpras) dalam melakukan tindakan preventif, khususnya menjelang kampanye dan tahapan inti Pemilu lainnya.

 

“Setiap personel pengemban Fungsi Samapta agar mengetahui dasar dari tugas yang diemban, yakni Peraturan Kapolri dan Kabaharkam Polri dalam menjalankan tugas di lapangan,” ungkap Kombes Harri.

 

Ditambahkannya, kondisi Sarpras harus diperhatikan dengan baik agar dapat menunjang tugas personel, seperti kendaraan bermotor, perlengkapan Pengendalian Massa Dalmas), dan sarana penunjang lainnya.

 

“Seluruh personel Samapta agar menunjukkan kinerja terbaik dalam menjaga kondusifitas kamtibmas, dimana diperlukan kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi dan kondisi apapun, dan Pamobvit adalah Backbone Kepolisian di bidang preventif,” tutupnya.

Kepala Satuan Samapta Polresta Kupang Kota Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M yang ditemui media ini menjelaskan, bahwa kehadiran tim supervisi untuk lakukan monev atas kinerja Satuan Samapta Polresta Kupang Kota dan melakukan pengecekan langsung Sarpras yang ada.

 

“Tim supervisi dari Korsabhara Baharkam Polri, hadir untuk melakukan monev atas kinerja dari Fungsi Samapta dan Pamobvit, serta sosialisasi SOP terkait tugas dan tanggung jawab. Selanjutnya tim melakukan pemeriksaan langsung atas Sarpras yang ada,” tandasnya. (AN)