Kolaborasi Personel Polsubsektor Bersama Satgas di Pelabuhan Tenau, Amankan Debarkasi Penumpang

Kolaborasi Personel Polsubsektor Bersama Satgas di Pelabuhan Tenau, Amankan Debarkasi Penumpang

Tribratanewskupangkota.com - Personel Polsubsektor Pelabuhan Laut Tenau Kupang bersama Satgas, yang terdiri dari Personel BKO TNI AL Lantamal VII Kupang, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Republik Indonesia, dan Security PT. Pelindo III Kupang, melakukan pengamanan debarkasi penumpang Kapal Dharma Kartika V dari Pelabuhan Surabaya, Lembar dan Waingapu, pada Jumat (9/8/2024) pagi tadi.

Sebelum melaksanakan pengamanan, bertempat di dermaga lokal telah dilaksanakan apel gabungan satgas pengamanan embarkasi dan debarkasi penumpang kapal di Pelabuhan Tenau, yang dipimpin oleh KSOP Kelas III Kupang.

 

Selanjutnya, sekitar pukul 09.30 WITA, 10 personel regu piket dan regu cadangan Polsubsektor Pelabuhan Tenau, dipimpin langsung oleh Kapolsubsektor Ipda Teguh Imam Santoso bersama tim satgas, melaksanakan persiapan pengamanan debarkasi penumpang dan kendaraan dari atas kapal.

Sekitar pukul 10.05 WITA, telah tiba dan sandar di Dermaga Lokal, Kapal Dharma Kartika V dari Pelabuhan Surabaya, Lembar dan Waingapu, dengan membawa penumpang turun sebanyak 927 orang, dan kendaraan sebanyak 56 unit sepeda motor serta mobil.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang ditemui mengatakan, pengamanan dan pengawasan dilakukan kepada para penumpang penggunan transportasi laut, agar proses debarkasi berjalan aman.

 

"Selain pengamanan, kami juga awasi setiap penumpang maupun kendaraan bermotor yang turun dari atas kapal, sehingga prosesnya berlangsung lancar dan tepat waktu," jelas Kapolresta.

Kendaraan bermotor yang turun, kami periksa satu persatu semua surat-suratnya, seperti SIM dan STNK, serta kelengkapan kendaraan lainnya, agar terhindar dari penyelundupan atau kendaraan tanpa identitas alias bodong.

Hal ini dilakukan, tambah Kombes Aldinan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena pelabuhan tenau merupakan salah satu pintu masuk ke Kota Kupang, Provinsi NTT. (AN)