Kapolsek Maulafa Gelar Jumat Curhat, Warga Penfui: Kalau Ada Masalah Kami Bingung Mau Lapor Kemana.

Kapolsek Maulafa Gelar Jumat Curhat, Warga Penfui: Kalau Ada Masalah Kami Bingung Mau Lapor Kemana.

Tribratanewskupangkota.com - Warga Rw. 012 Kelurahan Penfui Kota Kupang mengeluhkan terkait tempat pelaporan suatu permasalahan yang terjadi karena belum jelasnya batas wilayah antara Kota dan Kabupaten Kupang. Warga menambahkan bahwa batas wilayah sampai saat ini belum ada kejelasan dari pemerintah sehingga sebagai warga kami bingung untuk melapor apabila terjadi suatu permasalahan, saat mengikuti kegiatan Jumat Curhat yang digelar Polsek Maulafa di rumah Yosep Lakat selaku Ketua Rt. 028 Kelurahan Penfui Kota Kupang, Jumat (14-4-2023). 

Kapolsek Maulafa Akp Nuriyani Trisani Ballu, S.H., M.H hadir dan mendengarkan langsung curahan hati (curhat) warga Rt. 028 Rw. 012 Kelurahan Penfui, dan didampingi oleh Kanit Reskrim Iptu Dirk Y. Hendrik, Ps. Panit 1 Binmas Aiptu Deky Tanebeth, S.H, Ps. Panit 2 Binmas Aiptu Sri Taqwa dan Ps. Kasie Humas Aiptu Deddy Manuain, S.H. 

Kegiataan Jumat curhat dibuka oleh Kapolsek Maulafa yang menyampaikan bahwa dalam kesempatan ini saya sampaikan kepada masyarakat, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin kita untuk menampung semua permasalahan masyarakat secara langsung. "Permasalahan apapun tolong disampaikan, yang mungkin belum sempat dilaporkan jadi dalam kesempatan ini silahkan disampaikan", kata Kapolsek. 

Lebih lanjut, kegiatan ini juga untuk lebih menjalin hubungan yang baik antar Polri dengan masyarakat, karena Polri tidak bisa bekerja tanpa dukungan dari masyarakat, silahkan untuk bapak mama menyampaikan permasalahan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. 

Ketua Rt. 028 Yosep Lakat melaporkan bahwa pada saat musim hujan biasanya terjadi pencurian hewan ternak, mohon bantuan ibu Kapolsek mengenai permasalahan ini. 

Bahwa kami sudah melakukan patroli pada jam-jam rawan khususnya pada malam hari, dan itu sudah menjadi atensi pimpinan bahwa lebih giat lagi dalam melakukan patroli di dalam lingkungan perkampungan, di dalam jalan gang dan di jalan-jalan besar guna meminimalisir tingkat kriminal, serta juga mengharapkan agar pada saat-saat tertentu seperti yang bapak sampaikan di saat musim penghujan sering terjadi pencurian ternak hewan, agar dapat dibuatkan Sistem Keamanan Lingkungan (siskamling) dan dapat disampaikan kepada kami Polsek Maulafa agar kami juga dapat patroli ke pos-pos kamling yang ada di Kelurahan Penfui, jawab Akp Nuri yang akrab disapa. 

Selanjutnya Ketua Rw. 012 Kelurahan Penfui Marten Seran, batas wilayah antara Kota dan Kabupaten Kupang sampai saat ini belum ada kejelasan sehingga jika ada kejadian kami bingung harus melapor kemana, karena ada tempat yang masuk wilayah Kota Kupang dan ada yang masuk wilayah Kabupaten Kupang, mungkin dari Ibu Kapolsek bisa menjelaskan baiknya bagaimana jika terjadi masalah di sekitar tempat kami. 

Dalam jawabannya, Kapolsek Maulafa jelaskan sehubungan dengan batas wilayah dan terjadi permasalahan kriminal maupun pengaduan, bapak dan mama semua dapat melaporkan ke Polsek Maulafa dan kami siap menerima laporan maupun pengaduan dari masyarakat. Setelah kami terima laporan nanti kami akan mengecek Tempat Kejadian Perkara (Tkp), jika itu di wilayah Kabupaten Kupang maka kami akan berkoordinasi dengan Polsek Kupang Tengah dan kami akan mengantar bapak mama ke Polsek Kupang Tengah untuk menindaklanjuti laporan bapak dan mama sesuai dengan tempat kejadian yang dilaporkan, jadi bapak dan mama tidak perlu ragu-ragu untuk melaporkan ke Polsek Maulafa, kami siap melayani laporan bapak dan mama. 

Namun warga Rt. 028 mengapresiasi kinerja Polsek Maulafa atas respon yang diberikan, baik dari Bhabinkamtibmas Penfui dan juga Polsek Maulafa yang juga cepat mendatangi kami apabila terjadi permasalahan. Warga memgucapkan terima kasih atas pengamanan yang dilakukan pada saat Hari Raya Paskah karena kami bisa mengikuti ibadah dengan aman, nyaman dan penuh khidmat. 

"Terima kasih atas apresiasinya, kami atas nama pimpinan dan institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, jika ada sesuatu apapun pengaduan dari masyarakat agar jangan segan-segan untuk melaporkan kepada saya dan juga dapat melaporkan ke Polsek Maulafa, menghubungi Bhabhinkamtibmas Penfui dan Call Center 110", pungkas Akp Nuri.