Kapolsek Alak Ikuti Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2024 Tingkat Kecamatan Alak

Kapolsek Alak Ikuti Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2024 Tingkat Kecamatan Alak

Tribratanewskupangkota.com - Kapolsek Alak Kompol Edy, S.H., M.H, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan Pemilu 2024 dan evaluasi Kamtibmas tingkat Kecamatan Alak, Kota Kupang, Jumat (19/1) siang. 

 

Tampak hadir pula, Camat Alak Yulianus Wilem Pally, S.H, Kepala Unit Pembinaan Masyarakat Polsek Alak IPDA Mungsidin Lazula, para Lurah se-Kecamatan Alak, dan seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Alak. 

Kegiatan dimulai dari Camat Alak, menyampaikan beberapa poin penting, termasuk penekanan terhadap jam malam pada acara pesta. 

 

"Bahwa dalam menghadapi pemberlakuan jam malam, penting bagi Lurah, Bhabinkamtibmas, agar lebih giat mengingatkan para Ketua RT/RW untuk menghimbau kepada warga bahwa penyelenggaraan kegiatan pesta wajib dilengkapi surat izin keramaian dari Kepolisian," tegas Camat Alak. 

 

Dia juga menyoroti terkait keramaian dan peran Lurah dalam mengingatkan warganya terkait hajatan Pemilu 2024.

"Sehubungan dengan hajatan Pemilu, merupakan tanggung jawab bersama, untuk itu diperlukan peran Lurah dalam mengingatkan warga untuk selalu menjaga lingkungan demi keamanan yang berkelanjutan," tutupnya. 

 

Kapolsek Alak kemudian menyampaikan maksud kegiatan,untuk memahami karakteristik masyarakat dan potensi terhadap gangguan Kamtibmas. 

 

Kapolsek Alak juga memaparkan data kasus yang ditangani Polsek Alak selama Tahun 2023, menekankan pada kebutuhan kerja sama dalam menyikapi permasalahan masyarakat. 

 

"Data ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk pencegahan lebih awal apabila di wilayah kita terindikasi akan menimbulkan gangguan Kamtibmas," ungkap Kapolsek Alak. 

 

Selain itu, Kapolsek Alak juga menyampaikan perkiraan keamanan dan kerawanan terkait Pemilu 2024, termasuk keterbatasan pemilih dengan KTP Elektrik dan rekrutmen anggota Linmas. 

 

Dia menekankan pentingnya sosialisasi agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pemilih dan petugas KPPS.

"Untuk itu terkait dengan persiapan kampanye terbuka (rapat umum), saya harapkan kita dapat bekerja sama untuk menyukseskan Pemilu 2024," pungkas Kompol Edy. 

Kegiatan ditutup oleh Camat Alak dengan penekanan pada jadwal kunjungan ke Kelurahan, penanganan permasalahan pencurian, dan pentingnya pelaporan sengketa tanah kepada pihak kepolisian. (AM)