Kapolresta Kupang Kota Kombes Aldinan Manurung Ikut Dalam Binrohtal Oikumene

Kapolresta Kupang Kota Kombes Aldinan Manurung Ikut Dalam Binrohtal Oikumene

Tribratanewskupangkota.com - Polresta Kupang Kota melaksanakan kegiatan rutin, yakni Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal), yang berlangsung di Gereja Oikumene Mapolresta Kupang Kota, Kamis (25/1) pagi.

 

Binrohtal merupakan salah salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan di Polresta Kupang Kota. Pembinaan Rohani tersebut dilakukan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan personel kepada Tuhan Yang Maha Esa, guna dapat diteladani ketika menjalankan tugas-tugas sebagai anggota Polri, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan sesama.

Kegiatan Binrohtal secara Oikumene bagi personel yang beragama Kristen dan Katolik, dipimpin oleh pemuka agama Kristen, Pendeta Monalisa Fanggidae-Dethan, S.Th.

 

“Beberapa hal penting untuk kita renungkan, pertama kita belajar sari Saul, ketika Tuhan sudah memilih kita menjadi anggota Polri, maka Roh Tuhan akan menghinggapi kita, dengan melakukan tugas dan tanggung jawab, itu merupakan anugerah dari Tuhan. Oleh karena itu, kita harus merawatnya dengan melaksanakan tugas dengan baik, tanpa pamrih dan selalu semangat dalam melayani masyarakat,” ujar Pendeta Monalisa dalam khotbahnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa Roh Tuhan yang sudah tinggal di dalam diri kita, dan apabila kita berbuat dosa atau salah, maka kita akan merasa tidak nyaman.

"Kita harus berhati-hati apabila Roh Tuhan harus keluar dari diri kita, maka akan adanya pencobaan terhadap kita,” ungkapnya mengakhiri renungan.

 

Dalam sambutan oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, mengajak personel untuk menjadikan tempat tugas (Polresta Kupang Kota) sebagai contoh bagi Polres lainnya.

 

“Mari kita jadikan tempat tugas kita sebagai contoh bagi Polres lainnya, dengan selalu menjaga soliditas dan kekompakan,” ungkap mantan Wakil Direktur Narkoba Polda NTT itu.

Lebih jauh dikatakan, setiap permasalahan bisa diselesaikan, jangan dipendam sendiri, karena dapat berbahaya bagi diri sendiri maupun organisasi.

 

“Silahkan kalau ada masalah disampaikan kepada Kabag, Kasat atau Kasie nya masing-masing, dan berjenjang untuk dicarikan solusi. Jangan di simpan sendiri, nanti menjadi beban bagi diri sendiri yang dapat berdampak bagi organisasi,” harap Kombes Aldinan Manurung.

 

Lanjutnya, kita sendiri yang bisa membuat Polresta menjadi teladan bagi Polres lainnya di Polda NTT, dengan selalu mengandalkan Tuhan dalam bekerja dan setiap langkah hidup kita. Seperti saul dalam bacaan injil tadi, apabila anugerah yang telah diberikan Tuhan tidak kita jalankan dengan baik maka Tuhan akan mengambilnya, dan hal itu tidak mustahil bagi Tuhan, tutup Kapolresta.

 

Tampak hadir dalam ibadah singkat Oikumene, yakni Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Kompol Herman Bessie, Kepala Satuan Samapta Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M, Kepala Bagian Perencanaan AKP Marthin Ardjon, S.H, Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat AKP Verry Polin, S.H, Kepala Sub Bagian Pembinaan Karier AKP Darius Kore, Kepala Seksi Kedokteran dan Kesehatan IPTU Daud Bessie, A.Md. Kep, Kepala Seksi Hubungan Masyarakat IPDA Florensi Ibrahim Lapuisaly, Kepala Urusan Pembinaan Operasional Satuan Samapta IPTU Stanislaus Sangaria, dan para perwira, bintara serta ASN Polresta Kupang Kota, dengan penuh khusyuk. (VR)