Kapolresta Kupang Kota Hadiri Pembukaan Rekapitulasi dan Penetapan DPT Pilkada Serentak Tahun 2024

Kapolresta Kupang Kota Hadiri Pembukaan Rekapitulasi dan Penetapan DPT Pilkada Serentak Tahun 2024

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si menghadiri kegiatan pembukaan Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kota Kupang, dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, pada Jumat (19/9/2024) siang. 

Kegiatan yang berlangsung di Aula Hotel Harper Kupang ini, dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Kupang Linus Lusi, S.Pd., M.Pd, Ketua KPU Kota Kupang Ismael Manoe, Ketua DPRD Kota Kupang sementara Richard Elfis Odja, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Kupang Muhamad Fathuda, S.Kom, Kasdim 1604 Kupang Letkol. Czi. Sunardi ST, Kepala Dinas Kependudukan Kota Kupang, Anggota PPK Kota Kupang, dan juga hadir pasangan calon peserta pilkada. 

 

Dalam sambutannya, Ketua KPU mengatakan, pihak KPU Kota Kupang telah menerima pendaftaran 5 pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang. 

 

"Kita telah menerima 5 pasangan calon yang mendaftar, dan telah dilakukan verifikasi, serta telah diumumkan ke publik untuk mendapat tanggapan dari masyarakat di Kota Kupang," ungkap Ismael Manoe. 

Diinformasikan oleh Ketua KPU, bahwa tanggal 22 September 2024 mendatang, akan dilakukan penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang, dan pada tanggal 23 September 2024 akan berlangsung penarikan nomor urut, kemudian dilanjutkan dengan tahapan kampanye yang dimulai sejak tanggal 25 September 2024 hingga 23 November 2022. 

 

"Masa kampanye biasanya terdapat gesekan, kami minta pasangan calon dapat mengontrol dan mengawasi massa pendukunganya, sehingga pilkada kota kupang berlangsung aman dan damai," kata Ketua KPU lagi. 

Selain itu, kami juga butuh dukungan pihak keamanan agar rangkaian pesta demokrasi 5 tahunan ini dapat berlangsung kondusif. 

 

Dikatakan Penjabat Wali Kota Kupang, pemilihan umum yang berkualitas, akan kita lihat dari partisipasi masyarakat sebagai pemilih. 

 

"Pemilu dikatakan sukses dan terlaksana maksimal, apabila partisipasi pemilih yang tinggi dalam memberikan suara saat hari pemungutan suara digelar," ucap Penjabat Linus Lusi. 

Titik-titik rawan agar bisa di deteksi oleh pihak kepolisian, sehingga pelaksanaan pilkada berjalan aman. 

 

"Pemilu hanya instrumen, persaudaraan jauh lebih penting, beda pilihan namun harus tetap menjaga keamanan dan ketertiban," jelas dia. 

 

Jangan libatkan ASN dalam berpolitik, pesan Penjabat Wali Kota Kupang kepada para pasangan calon yang hadir. 

"Penetapan DPT hari ini merupakan suatu keberhasilan, namun tetap di antisipasi masyarakat yang tidak masuk dalam DPT sebagai pemilih dalam pilkada serentak nanti," pesan dia lagi. 

 

Harapannya, pemilu berjalan jujur, adil dan berintegritas, yang tidak hanya keluar dalam sebuah kalimat, namun dijalankan dengan sungguh-sungguh, tutup Penjabat Wali Kota Kupang. (AN)