Kapolresta Kukuhkan Anggota PKS SMA Negeri 8 Kota Kupang.

Kapolresta Kukuhkan Anggota PKS SMA Negeri 8 Kota Kupang.

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, memimpin upacara pengukuhan anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di SMA Negeri 8 Kota Kupang, Kelurahan Penkase Oeleta, yang didampingi oleh Kapolsek Alak Kompol Edy, S.H., M.H dan Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Kota  Kupang Semuel Djami Riwu, S.Pd, Selasa pagi (4-4-2023).

Upacara dimulai dengan laporan pemimpin upacara Ipda Nanus Pello kepada Kapolresta Kupang Kota selaku inspektur upacara, penyematan manset dan tutup kepala serta pengucapan janji siswa sebagai anggota PKS SMA Negeri 8 Kota Kupang.

Dalam amanatnya, Kapolresta berharap disiplin berlalu lintas dimulai dari lingkungan sekolah. "Saya kesini selain untuk mengukuhkan anggota PKS yang merupakan pertama di sekolah Kota Kupang, juga ingin memberikan support atau semangat kepada adik-adik siswa/i untuk dapat mengingatkan teman-temannya agar belajar disiplin dan tanggung jawab. Saya sudah perintahkan kepada para Kapolsek untuk membuat program gerakan siswa tidak gunakan kendaraan bermotor ke sekolah", jelasnya.

"Saya sangat bangga dengan momentum pengukuhan ini. Terima kasih kepada adik-adik siswa/i dan atas dukungan kepala sekolah serta bapak ibu guru. Ke depan dengan sudah menjadi anggota PKS, kami akan mengajarkan teknis dan taktik bagaimana mengatur lalu lintas dan Tindakan Pertama Pada Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) kecelakaan lalu lintas", ungkap Kombes Krisna.

"Ini adalah kolaborasi yang baik sehingga siswa/i menjadi disiplin dalam berlalu lintas. Kita tidak tahu kapan dan dimana kecelakaan itu terjadi, yang bisa kita lakukan adalah bagaimana mencegah kecelakaan itu terjadi", pesan Kapolresta Krisna.

Disamping itu juga, PKS bisa menjaga kamtibmas di lingkungan sekolah sendiri dan dilibatkan dalam lingkungan sekitarnya. "Saya minta ijin kepada kepala sekolah, bahwa nantinya pada kegiatan kepolisian, kami akan melibatkan adik-adik siswa/i SMA Negeri 8 Kota Kupang untuk terjun langsung ke lapangan, namun akan didahului dengan pengetahuan baik teori maupun praktik yang akan kami berikan", pintanya.

Pada kesempatan tersebut juga, Kapolresta berikan himbauan bagi siswa/i yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) untuk tidak mengendarai kendaraan bermotor, baik mobil ataupun sepeda motor ke sekolah. "Adik-adik siswa/i adalah generasi penerus bangsa, sehingga harus menggapai cita-cita setinggi mungkin. Ini juga merupakan bekal apabila ada yang mau mengikuti seleksi sebagai anggota Polri. Saya berharap dari SMA Negeri 8 Kota Kupang akan lahir seorang Kapolresta Kupang Kota. Itu bukan sesuatu yang mustahil karena Bapak Kapolda NTT saat ini (Drs. Johni Asadoma, M.Hum) merupakan Putra NTT, itu sebagai motivasi bagi adik-adik agar terus rajin belajar untuk menggapai cita-cita", pungkas mantan Kapolres TTU tersebut.