Jelang Pentahbisan Uskup Agung Kupang, Polresta Kupang Kota Libatkan Ratusan Personel Pengamanan

Jelang Pentahbisan Uskup Agung Kupang, Polresta Kupang Kota Libatkan Ratusan Personel Pengamanan

Tribratanewskupangkota.com - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kupang Kota melibatkan sejumlah 206 personel dalam melakukan pengamanan rangkaian acara Pentahbisan Monsinyur (Mgr) Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Agung Kupang terpilih.

 

Pentahbisan yang akan dilakukan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Piero Pioppo, akan berlangsung di Gereja Paroki Kristus Raja Katedral Kupang, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (9/5/2024) pagi besok.

 

Selain dihadiri oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, akan hadir juga 39 Uskup, Vikjen Keuskupan Jayapura dan Keuskupan Agung Dili (Negara Timor Leste), serta Administrator Diosesan Keuskupan Surabaya dan Keuskupan Agung Ende.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dalam keterangannya menyebutkan, pentahbisan Mgr. Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Agung Kupang terpilih, akan dilakukan dalam rangkaian tiga kegiatan, yang digelar Rabu-Jumat (8-10 Mei 2024).

 

"Acara pentahbisan ini akan dilakukan dalam tiga rangkaian kegiatan. Pertama ibadah Salve atau Vesper Agung dan Pemberkatan Insignia di Gereja Santo Yoseph Naikoten. Kedua, acara pentahbisan di Gereja Katedral Kupang, dan ketiga adalah Misa Perdana atau Misa Pontifikal Monsinyur Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Agung Kupang di Gereja Katedral," tutur Kapolresta saat ditemui, Rabu (8/5/2024).

 

Kombes Aldinan Manurung menambahkan, Salve Agung akan dilakukan hari ini (8/5/2024) pukul 17.00 WITA di Gereja Santo Yoseph Naikoten, kemudian perayaan pentahbisan pada Kamis (9/5/2024) besok pukul 09.00 WITA di Gereja Katedral.

 

Lalu Uskup Agung Kupang pada Jumat (10/5/2024) nanti, akan memimpin misa perdana di Gereja Katedral, dan dimulai pukul 09.00 WITA.

Lebih lanjut dikatakan, pengamanan oleh personel Polresta Kupang Kota dilakukan pada lokasi yang menjadi tempat kegiatan, yakni Gereja Katedral, Gereja Santo Yoseph, Rumah Jabatan Gubernur dan kantor Keuskupan Agung Kupang, serta beberapa hotel di Kota Kupang dan biara susteran.

"Pengamanan ketat dilakukan pada lokasi kegiatan, dan kepada tamu undangan sejak kedatangan di Bandara El Tari, lokasi penginapan di beberapa hotel dan biara susteran di Kota Kupang," beber Kombes Aldinan Manurung lagi.

Selain itu juga, dilakukan pengamanan pada rute jalan yang dilalui tamu undangan, agar tidak mengganggu aktifitas masyarakat lainnya, dan tentunya pelaksanaan rangkaian kegiatan pentahbisan dapat berlangsung aman, nyaman dan tertib, pungkas Kapolresta Kupang Kota yang juga selaku Kepala Pengamanan Wilayah (Kapamwil) Polresta Kupang Kota. (AN)