Diskusi Tatap Muka Langsung Bersama Warga, Kapolresta Kupang Kota: Silahkan Lapor Kalau Pos Polisi Tidak Ditempati Anggota

Diskusi Tatap Muka Langsung Bersama Warga, Kapolresta Kupang Kota: Silahkan Lapor Kalau Pos Polisi Tidak Ditempati Anggota

Tribratanewskupangkota.com – Ingin mendengar langsung masukan, usul saran dan kritikan langsung dari masyarakat, Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, mendatangi kantor Lurah Bakunase Satu, Alamat Jalan Alfons Nisnoni Kecamatan Kota Raja Kota Kupang, Jumat (23/6/2023) siang tadi.

Kapolresta menyampaikan dengan kehadirannya langsung, diharapkan bisa terjadi komunikasi dua arah yang bisa menjadi solusi dalam penyelesaian dari setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Ketua Rt. 012 Kelurahan Bakunase Dua, mengucapkan terima kasih karena dengan adanya pengaduan dari dirinya, tentang tidak adanya anggota yang menempati Pos Polisi Bakunase, namun saat ini Pos Polisi tersebut sudah setiap hari ditempati anggota, sehingga memudahkan dalam berkolaborasi menjaga kamtibmas. “Terima Kasih bapak Kapolresta, Pos Polisi Bakunase sudah setiap hari dijaga oleh anggota yang piket dan kami bisa bersama menjaga kamtibmas. Saya minta aturan terkait kegiatan pesta tidak sampai larut malam karena sangat mengganggu kenyamanan kami saat tidur malam”, tanyanya.

Sebagai bentuk komitmen pelayanan oleh Polresta Kupang Kota, saat ini sebanyak 16 Pos Polisi di Kota Kupang sudah ditempati oleh anggota yang bertugas piket selama 1x24 jam. “Kami sudah berkomitmen untuk menghidupkan kembali seluruh Pos Polisi sehingga pelayanan yang lebih dekat kepada masyarakat dapat terwujud”, jelas Kapolresta.

Lanjutnya, bahwa penyelenggaraan pesta sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota Kupang, dimana hanya diizinkan sampai jam 24.00 Wita. Ketua Rt bersama Ketua Rw jangan ragu untuk melakukan peneguran bersama Bhabinkamtibmas dan Polisi RW.

Kami harap warga juga dapat mengaktifkan kembali Pos Kamling, sebagai bentuk tanggung jawab warga terhadap lingkungannya sendiri, selain dari tugas polisi yang telah dijalankan menjaga kamtibmas.

Salah seorang Ketua RW mengapresiasi kinerja dari Bhabinkamtibmas Bakunase Dua karena selalu hadir bersama warga dan siap apabila dibutuhkan oleh warga.

“Kami apresiasi atas kinerja Bhabinkamtibmas yang selalu hadir di tengah masyarakat. Semoga dengan adanya Polisi RW juga, situasi kamtibmas terus berjalan aman, dan masyarakat bisa beraktifitas dengan lancar”, pujinya.

Kapolresta mengatakan bahwa keberhasilan dari seorang Bhabinkamtibmas bukan hanya dalam menangani suatu masalah, namun juga harus bisa mengajak masyarakat dalam melakukan perubahan dan manfaat di dalam masyarakat, seperti tertib dalam berlalu lintas, sehingga bisa menekan angka kecelakaan yang biasanya terjadi dengan dimulai adanya pelanggaran.

Bapak Rupiasa melaporkan terkait kehadiran polisi dalam suatu pelanggaran (Perjudian) namun tidak melakukan penindakan atau peneguran sehingga aktifitas judi terus berjalan.

Kami (Polresta Kupang Kota) sudah sering mendengar keluhan masyarakat terkait hal ini dan terus kami lakukan penyelidikan terhadap oknum anggota yang terlibat. “Saya sudah mendengar beberapa keluhan masyarakat tersebut, apabila saya temukan akan saya tindak secara hukum yang berlaku” tegas Kombes Krisna.

Ibu Ketua Rt. 006 sangat mengapresiasi atas kerjasama dari Bhabinkamtibmas, Polisi RW dan Ketua Rt, karena ditempatnya yang sering dilakukan pesta oleh warganya, saat ini penyelenggaraan pesta hanya sampai jam 23.00 Wita dan warga juga menurutinya.

Dalam kegiatan jumat curhat ini, masyarakat banyak menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas dan Polisi RW di Kelurahan Bakunase Satu, karena kamtibmas tetap terpelihara dengan baik hingga saat ini karena kehadiran polisi langsung di tengah-tengah masyarakat.