Debarkasi Penumpang KM Dharma Kartika V, Polsubsektor Tenau Lakukan Pengamanan dan Patroli di Pelabuhan

Debarkasi Penumpang KM Dharma Kartika V, Polsubsektor Tenau Lakukan Pengamanan dan Patroli di Pelabuhan

Tribratanewskupangkota.com - Personel Polsubsektor Pelabuhan Tenau Polresta Kupang Kota, melakukan pengamanan debarkasi penumpang Kapal Laut KM. Dharma Kartika V, yang tiba dari Pelabuhan Surabaya, Lembar dan Waingapu, pada Jumat (18/10/2024) dini hari tadi. 

Dipimpin oleh Kepala Polsubsektor Pelabuhan Tenau Ipda Teguh Imam Santoso bersama 10 personel, kegiatan ini bertujuan memastikan proses debarkasi penumpang yang mencapai 748 orang berlangsung aman, tertib dan lancar. 

Setelah proses debarkasi selesai, personel melanjutkan patroli di area pelabuhan, termasuk ke area parkir kendaraan bermotor, untuk memastikan keamanan seluruh penumpang, penjemput dan kendaraan bermotornya. 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si mengapresiasi kinerja jajaran Polsubsektor Pelabuhan Tenau, dan mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap praktik percaloan yang sering merugikan penumpang. 

"Kami mengimbau kepada seluruh penumpang agar tidak tergiur dengan jasa para calo. Semua proses perjalanan sudah diatur secara resmi, dan penting bagi masyarakat untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan guna menghindari penipuan," ungkap Kapolresta Kupang Kota. 

Tambahnya, kami terus berkomitmen untuk menindak tegas praktik percaloan di wilayah pelabuhan, agar masyarakat merasa nyaman saat berada di area pelabuhan, tegas Kombes Aldinan Manurung. 

"Patroli untuk mencegah tindak kejahatan, seperti pencurian barang-barang milik penumpang, serta mengawasi kemungkinan adanya calo yang memanfaatkan situasi ramainya penumpang," sebut Kapolresta. 

Direncanakan, Kapal Dharma Kartika V akan berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang sekitar pukul 21.00 WITA, dengan rute pelabuhan di Waingapu, Lembar dan Surabaya. (LLC)