Cegah Kemacetan, Satlantas Polresta Kupang Kota Rekayasa Lalin di Oepura dan Sikumana

Cegah Kemacetan, Satlantas Polresta Kupang Kota Rekayasa Lalin di Oepura dan Sikumana

Tribratanewskupangkota.com - Polresta Kupang Kota melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) mulai memasang Traffic Blog, guna mengurai kemacetan arus lalu lintas (lalin) yang sering terjadi di Terminal bayangan Oepura dan Perempatan Jalan Jalur 40 antara Sikumana-Bello, Rabu (24/4/2024). 

 

Pemasangan Traffic Blog sebagai pembatas atau penutup pada sebuah persimpangan jalan itu, bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Kupang dan Babinsa dari Kodim 1604 Kupang. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si dalam keterangannya dikatakan, pemasangan traffic blog untuk mencegah kemacetan yang sering terjadi pada waktu pagi dan sore hari, serta meminimalisir terjadinya kecelakaan. 

"Pemasangan dilakukan karena jalur tersebut sering terjadi kemacetan dan rawan kecelakaan, terutama pada saat jam-jam sibuk, seperti jam berangkat kerja maupun jam pulang kerja. Pemasangannya juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam berkendara di jalan raya," ucap Kapolresta. 

 

Harapannya, lanjut mantan Kapolres Kupang itu, dapat mengurai kemacetan dan meminimalisir kasus kecelakaan, terutama pada perempatan jalur 40 sikumana dan bello, dimana kondisi jalannya menanjak atau curam, serta banyak truk roda enam atau lebih dengan muatan berat yang sering melintas. 

 

"Kendaraan sepeda motor hingga truk dengan muatan pasir atau tanah putih yang hendak melintas dari arah Oepura ke Bello atau sebaliknya, terlebih dahulu harus berbelok ke arah Jalur 40, sehingga tidak adanya pertemuan arus kendaraan pada perempatan Jalan H.R Koroh-Jalur 40, yang menjadi penyebab dari kemacetan yang sering terjadi," jelas Kombes Aldinan Manurung. 

Seperti diketahui, sebelumnya pada simpang Jalan Soverdi dan Jalan W.J Lalamentik Oebufu, setelah dilakukan pemasangan Traffic Blog oleh Satlantas Polresta Kupang Kota dan Dinas Perhubungan Kota Kupang, kini sudah tidak terlihat lagi kemacetan pada lokasi tersebut. (AN)