Binrohtal Rutin Personel Polresta Kupang Kota

Binrohtal Rutin Personel Polresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com - Seluruh personel Polresta Kupang Kota mengikuti Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal), yang dilaksanakan oleh Sub Bagian Perawatan Personel Bagian Sumber Daya Manusia (Subbagwatpers Bag SDM) Polresta Kupang Kota, pada Kamis (30/5) pagi.

 

Ibadah bersama yang secara rutin digelar ini, diikuti oleh personel beragama Nasrani (Katolik dan Kristen), bertempat di Gereja Oikumene.

Sedangkan, personel beragama Hindu dilangsungkan di rumah suci, dan yang beragama Islam di mushola, yang mana tempat-tempat ibadah tersebut berada di dalam lingkungan Mako Polresta Kupang Kota.

 

Sebelum ibadah secara oikumene oleh personel Nasrani berlangsung, bersama-sama memuji Tuhan dengan menyanyikan lagu-lagu pujian atau rohani.

 

Dalam khotbah oleh Pendeta Monalisa Fanggidae-Dethan, S.Th, diambil dari kitab Yehezkiel 20:19, dimana dikatakannya, bahwa semua agama yang diakui pasti memilki Allah yang dipuji dan sembah.

"Agama hadir untuk kesadaran religius, yaitu kesadaran yang ada dalam diri manusia bahwa ada satu kodrat yang mengatur kehidupan di dunia ini," ungkap Pendeta Monalisa yang biasa disapa.

 

Sambung Pendeta pada Gereja GMIT Betlehem Oesapa Barat ini, iman adalah kesadaran kita untuk mengakui dan mengimani Yesus sebagai juru selamat.

 

"Kesetiaan dan loyalitas kepada Yesus dan manusia harus dibuktikan secara sadar dan ikhlas, bukan dengan paksaan," ujar dia.

Lanjutnya lagi, bersyukurlah kepada kita yang masih menyimpan kesetiaan kepada pasangan (suami atau istri) kita sendiri.

 

"Kesetiaan kepada pasangan sejak menikah hingga akhir atau hanya maut (kematian) yang memisahkan. Apabila kita mengerjakan sesuatu (tugas pelayanan sebagai polisi) dengan hati, maka hasilnya pasti akan baik pula," pesan dia.

 

Diakhir ibadah, ibu pendeta kemudian memberkati seluruh personel yang mengikuti ibadah oikumene dengan penumpangan tangannya, agar senantiasa selalu dilindungi dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat, dan semoga menjadi berkat bagi semua orang.

Untuk diketahui, ibadah personel beragama Hindu dipimpin oleh Ipda I Nyoman Pasek, dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan umat Hindu terhadap ajaran agama, sehingga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sedangkan personel umat Islam, ibadah dibuka oleh Ipda Abdul Haris, dan sebagai penceramah Akp Hariyono yang juga Kasat Intelkam Polresta Kupang Kota.

Binrohtal dilaksanakan dalam rangka meningkatkan karakter personel Polresta Kupang Kota, agar menjadi lebih humanis dan juga meningkatkan kualitas keimanan serta ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. (AN)