Bhabinkamtibmas dan LPM Kelurahan Batuplat Lakukan Problem Solving Warga yang Bertikai

Bhabinkamtibmas dan LPM Kelurahan Batuplat Lakukan Problem Solving Warga yang Bertikai

Tribratanewskupangkota.com – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) bersama dengan Ketua LPM Kelurahan Batuplat, melakukan mediasi atau Problem Solving yang terjadi antara kedua warga yang bertikai di Kelurahan Batuplat, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Senin (14/10/20204) kemarin.

 

Bhabinkamtibmas bersama dengan Ketua LPM mendapatkan laporan atas kejadian ini, yang bermula dari kedua warga bertikai hingga dilakukan pengeroyokan, yang mana salah satu warga mengalami luka memar dan bengkak.

 

Kedua belah pihak yang bertikai ini mendapatkan mediasi langsung dan wawasan hukum, serta nasihat dari Bhabinkamtibmas Batuplat Aiptu Imran M. Ibrahim, S.Sos, dan juga Ketua LPM, agar bisa menjaga diri sendiri, keluarga dan juga orang lain, sehingga selalu terhindar dari perbuatan yang melanggar hukum.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si mengatakan, hal diatas yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas menunjukan betapa pentingnnya peran Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Bhabinkamtibmas juga tidak hanya sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai fasilitator dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat.

 

“Bhabinkamtibmas yang berada dekat dengan masyarakat, sehingga diberikan kewenangan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi, sebelum dilaporkan ke kesatuan secara resmi, apabila permasalahan yang ditangani tidak dapat diselesaikan dengan baik,” sebut Kapolresta Aldinan.

 

Lebih lanjut dikatakan, sebagai pimpinan, saya mengapresiasi keberhasilan Bhabinkamtibmas Batuplat bersama Ketua LPM dan tokoh masyarakat dalam memediasi dan menyelesaikan pertikaian yang berujung pada kasus pengeroyokan.

 

“Keberhasilan ini tidak hanya menunjukkan dedikasi tinggi dari aparat kepolisian, tetapi juga menunjukkan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Melalui pendekatan secara langsung, permasalahan ini dapat diselesaikan secara damai. Saya berharap kejadian ini dapat menjadi contoh bagi kita semua untuk selalu mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan setiap permasalahan," pesan Kombes Aldinan Manurung. (L)