Bahas Dinamika Politik dan Kamtibmas di Kota Kupang, Kapolresta Hadiri Dialog Pagi di RRI Kupang

Bahas Dinamika Politik dan Kamtibmas di Kota Kupang, Kapolresta Hadiri Dialog Pagi di RRI Kupang

Tribratanewskupangkota.com – 14 Februari 2024 telah dilaksanakan proses pemungutan suara dalam tahapan pemilu 2024, selanjutnya pada tanggal 20 besok, mulai berlangsung proses pleno di seluruh kecamatan di Kota Kupang. Radio Republik Indonesia (RRI) Kupang mengadakan dialog Kupang pagi yang disiarkan secara live streaming di channel Youtube RRI Kupang dengan judul dinamika politik dan kamtibmas di Kota Kupang, Senin (19/2/2024).

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung S.H.,S.I.K.,M.Si, diundang menjadi narasumber dalam dialog tersebut. Hadir pula Ketua Bawaslu Kota Kupang, Yunior A. Nange, S.IP, dan Kaban Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa, SH, M.Si. Para narasumber membahas secara detail mengenai perkembangan kondisi kamtibmas dan politik pasca pemungutan suara.

 

Ketua Bawaslu Kota Kupang, Yunior A. Nange, S.IP, menyatakan bahwa proses pemungutan dan perhitungan suara berjalan lancar tanpa kendala keamanan di semua TPS. Meskipun ada beberapa masalah kecil, namun semuanya berhasil diatasi dengan baik, berkat kesiapsiagaan kepolisian.

 

“Dari sisi kami pengawas berjalan dengan aman karena segala prosedur dan mekanisme selama proses pemungutan dan perhitungan suara berjalan sesuai dengan aturan. Tidak ada satupun TPS di kota kupang mengalami kendala karena pengamanan. Ada sedikit masalah namun semuanya bisa kami atasi dengan baik. Kami bersyukur juga karena adanya kesiapsiagaan pam TPS dari kepolisian”, Ungkap Bawaslu Kupang Kota.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa, SH, M.Si, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pemilu 2024. Dia menyatakan apresiasi atas partisipasi masyarakat dan peserta pemilu yang mematuhi prosedur dengan baik. Seluruh tahapan pemilu berlangsung lancar dan tertib.

 

“Dalam pemilu 2024, kami selaku pemerintah kota mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang turut berperan dalam setiap tahapan, dari pendaftaran hingga pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 14 Februari lalu. Dinamika politik yang terjadi patut diapresiasi, dengan partai politik dan paslon yang bertanggung jawab dan mematuhi peraturan dengan baik, sehingga memastikan kelancaran seluruh proses pemilu”, jelas Kaban Kesbangpol Kota Kupang.

 

Setelah pemilu pada tanggal 14 Februari lalu, Kapolresta Kota Kupang menyampaikan bahwa kondisi kamtibmas dan politik di Kota Kupang tetap terjaga dengan baik.

 

Kapolresta Kupang Kota mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan di Forkopimdah, KPU, Bawaslu, organisasi masyarakat, dan organisasi pemuda yang telah berbaur dengan baik untuk mensukseskan pemilu tanpa hambatan berarti. Meskipun menghadapi beberapa masalah, namun semuanya dapat diatasi dengan baik.

Pengamanan di TPS dilakukan dengan melibatkan 1/3 dari total personel, yaitu 420 personel, yang berhasil menjaga dan mengamankan jalannya pemungutan suara dengan lancar.

 

“Hingga saat ini, tidak ada permasalahan yang signifikan terjadi, karena aparat keamanan berhasil berbaur dengan masyarakat, termasuk PPS, Linmas, dan KPPS. Mereka memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, termasuk dalam mengatasi kebingungan yang dialami oleh sebagian warga terkait proses pemilihan. Dengan demikian, pengamanan tersebut dapat dianggap berhasil dalam menjaga ketertiban selama pemilu berlangsung”, Pungkas Kapolresta Kupang Kota.

 

 

Kapolresta Kupang Kota juga menjelaskan bahwa sehari sebelum pemungutan suara, ia mengumpulkan 420 personel dan mengundang KPU serta Bawaslu untuk memberikan arahan. Mereka juga memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk menyampaikan keluhan dan masalah yang timbul. Dengan demikian, banyak masalah yang terungkap dan berhasil diselesaikan, memperoleh apresiasi dan pengertian dari semua pihak.

 

Dari hasil ini, terbukti bahwa tidak ada masalah besar yang sulit diatasi. Kota Kupang telah terbukti kondusif, dan apresiasi akan hal itu disampaikan kepada masyarakat atas kontribusinya.

Harapan kedepannya, untuk pilkada pada bulan November nanti dapat berjalan dengan lancar. (AM)