Bagian SDM Polresta Kupang Kota Berikan Penguatan Psikologi dan Konseling, Bagi Personel yang Laksanakan OMB Pemilu 2024

Bagian SDM Polresta Kupang Kota Berikan Penguatan Psikologi dan Konseling, Bagi Personel yang Laksanakan OMB Pemilu 2024

Tribratanewskupangkota.com – Bagian Sumber Daya Manusia (Bag SDM) Polresta Kupang Kota memberikan penguatan psikologi, kepada personel yang melaksanakan Operasi Mantap Brata (OMB) Pemilu Tahun 2024.

 

Selain memberikan penguatan psikologi, juga dilakukan pelayanan konseling untuk mendengarkan kondisi psikologi personel saat ini, dimana hingga kini masih berlangsung tahapan OMB Pemilu, sejak dimulainya tanggal 19 Oktober 2023 lalu.

Kapolresta Kupang Kota melalui Kepala Bagian SDM Kompol Herman Bessie menjelaskan, pelaksanaan Pemilu Tahun 2023-2024 merupakan yang paling lama dilaksanakan, karena setelah selesai Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Calon Anggota Legislatif (Caleg), akan dilanjutkan dengan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak.

 

“Rekan-rekan ketahui bersama, bahwa OMB Pemilu 2024 merupakan penyelenggaraan operasi yang paling lama dijalankan, karena setelah pelaksanaan Pemungutan suara Presiden dan Wapres serta Caleg kemarin, akan dilanjutkan dengan Pilkada serentak, yang tahapannya dimulai pada Juli 2024,” kata Kabag SDM, mengawali pemberian penguatan psikologi kepada personel, bertempat di Lapangan Hitam Mapolresta Kupang Kota, Kamis (22/2) pagi.

Mantan Wakapolres Ngada itu melanjutkan, dengan lamanya waktu operasi membuat personel lelah, baik tenaga maupun pikiran, sehingga diperlukan penguatan psikologi dan konseling, agar setiap personel yang melaksanakan OMB dapat terus menjalankan tugas dengan semangat dan penuh tanggungjawab.

 

“Hilangkan pikiran yang tidak baik, namun berpikirlah sebaliknya, yaitu selalu berpikiran jernih, sehingga dalam bekerja pun semakin menunjukkan kinerja yang lebih baik. Karena pikiran yang jernih akan menghasilkan perbuatan dan perilaku yang baik pula,” pesan Kompol Herman Bessie yang juga selaku Konselor, kepada perwira dan bintara, serta ASN Polresta Kupang Kota.

Selanjutnya, Pemangku Sementara Perwira Urusan Pengendalian Personel (Ps. Paurdalpers) Subbag Dalpers Bag SDM  Polresta Kupang Kota AIPDA Yosmei Rago, membuat sebuah permainan, dengan tujuan untuk membuat personel yang melaksanakan OMB tetap ceria dalam menjalankan tugas operasi maupun tugas rutin yang dijalaninya setiap hari.

Pada tempat terpisah, AIPDA Yosmei Rago yang juga selaku konselor, memberikan konseling kepada personel yang sedang bertugas di Kantor PPK atau Kecamatan, yang diketahui saat ini sedang berlangsungnya tahapan rapat pleno rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara Pemilu 2024, di tingkat PPK.

 

Kepala Sub Bagian Pembinaan Karier (Kasubbag Binkar) Bagian SDM AKP Darius Kore yang diwawancarai media ini setelah selesai mengikuti kegiatan diatas mengatakan, penguatan psikologi dan konseling sangat penting kepada personel dengan banyaknya tugas yang harus dijalani hingga saat ini.

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk merefleksikan, membuat anggota menjadi lebih santai, dan mengobati secara psikis, akibat dari kegiatan yang banyak dan menumpuk. Kegiatan tersebut mengambil banyak energi, pikiran, dan lainnya, sehingga diperlukan Healing atau penyembuhan untuk memulihkan situasi dan mengembalikan energi, serta pikiran agar anggota tetap Fit menghadapi tugas-tugas mendatang,” kata AKP Darius.

Lebih lanjut dikatakannya, meskipun tugas-tugas mendatang sangat padat, tetapi penting bagi mereka untuk bersantai melalui permainan-permainan yang diberikan oleh konselor. Ini sangat penitng dan bermanfaat bagi anggota yang bertugas di lapangan.

 

“Dengan adanya waktu untuk bersantai dan mengikuti permainan, diharapkan anggota dapat kembali segar, dan siap menghadapi tugas-tugas yang akan datang dengan penuh semangat dan fokus yang baru,” pungkasnya. (AN)