Aksi Tanam Seribu Anakan Pohon di SPAM Kali Dendeng

Aksi Tanam Seribu Anakan Pohon di SPAM Kali Dendeng

Tribratanewskupangkota.com - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kupang Kota kembali melakukan aksi tanam pohon, dan kali ini dengan jumlah seribu anakan pohon, yang ditanam di lokasi SPAM Kali Dendeng, Kelurahan Penkase Oeleta Kecamatan Alak Kota Kupang, Rabu (23/8/2023).

Bhakti sosial berupa penanaman anakan pohon, diikuti oleh pejabat utama di lingkungan Polresta Kupang Kota, Kapolsek jajaran, seluruh personel Polresta Kupang Kota, dan Polsek jajaran, serta Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota bersama pengurus, dalam rangka Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dan menyongsong Hari Jadi ke-75 Polwan Republik Indonesia. Jenis bibit yang disediakan, yakni sengon, mahoni, ketapang kencana dan marbau.

Penanaman yang dilakukan di belakang SPAM Kali Dendeng, untuk mencegah terjadinya longsor dan menjaga lokasi SPAM dalam memenuhi kebutuhan air warga Kota Kupang. "Lokasi tersebut merupakan daerah dengan kondisi tanah yang labil, sehingga rawan terjadinya longsor, dan kami lakukan penanaman untuk menjaga SPAM tersebut untuk tetap memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Kota Kupang", ujar Kabagops Kompol Joni F.M Sihombing, S.E., S.I.K., M.M, yang memimpin seluruh personel dalam aksi tanam pohon.

Selain itu juga, untuk memelihara alam dan menghijaukan lingkungan. Alam yang indah dan lingkungan yang hijau akan berdampak baik bagi makhluk hidup. "Sebagai manusia kita harus menjaga lingkungan, dengan cara memelihara dan merawatnya. Pemanasan global kini sangat mengkhawatirkan, dimana terjadinya kondisi iklim atau cuaca yang tidak menentu. Harapannya dengan kepedulian dari manusia dengan merawat lingkungan, khususnya yang dilakukan di sekitar SPAM ini dan sekitarnya, dapat mencegah longsor di masa mendatang", pungkas mantan Kapolsek Oebobo itu.

Diketahui aksi tanam anakan pohon serentak juga dilakukan oleh seluruh jajaran Kepolisian, baik Polda, Polres, dan Polsek, yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, dari Pulau Rinca Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur, melalui zoom meeting secara hybrid. (AN)