Ratusan Personel Satgas OMB Amankan Kampanye Hari Terakhir di Kota Kupang

Ratusan Personel Satgas OMB Amankan Kampanye Hari Terakhir di Kota Kupang

Tribratanewskupangkota.com - Ratusan personel Satuan Tugas Operasi Mantap Brata (Satgas OMB) Polresta Kupang Kota, mengamankan pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 yang telah memasuki hari terakhir masa kampanye. 

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, melalui Kepala Bagian Operasi (Kabagops) yang juga selaku Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi Polres (Karendalopsres) Kompol Joni F.M Sihombing, S.E., S.I.K., M.M menjelaskan, bahwa masa kampanye Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres/Cawapres), serta Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota telah di mulai sejak tanggal 28 November 2023, dan berakhir sampai dengan tanggal 10 Februari 2024. 

"Hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan kampanye Pemilu Serentak 2024, yang telah berlangsung selama 75 hari. Sebanyak 230 personel Satgas dan Sub Satgas OMB Polresta Kupang Kota yang masuk dalam Sprin (Surat perintah), diterjunkan untuk lakukan patroli dan pengamanan jalannya kampanye di 8 lokasi berbeda di Kota Kupang," ungkap Kabagops, Sabtu (10/2/2024) di Mako Polresta Kupang Kota. 

 

Dijelaskannya lagi, kampanye Pemilu merupakan kegiatan politik, dimana para Capres/Cawapres dan para Caleg menyampaikan visi misi, serta program kerja, dan sesuai perintah undang-undang, Polri mengamankan jalannya proses demokrasi 5 tahunan itu agar berlangsung dengan kondusif. 

Selain itu, mantan Kapolsek Oebobo itu menambahkan, setelah selesai masa kampanye, tahap selanjutnya yaitu masa tenang, dan Alat Peraga Kampanye (APK) akan ditertibkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). 

 

"Setelah selesai masa kampanye, masuk pada masa tenang selama 3 hari (11-13 Februari 2024). Dalam masa tenang, Polresta Kupang Kota akan mengawal pelaksanaan penertiban APK oleh Bawaslu dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang, agar berjalan aman dan tertib," ujar Kompol Joni. 

Kabagops menambahkan, sebanyak 420 personel Polresta Kupang Kota siap diterjunkan ke setiap TPS di Kota Kupang pada H-1 hari pemungutan suara, dengan tingkat kerawanan, yaitu rawan dan kurang rawan. 

 

Selain itu juga, akan disiapkan peleton kerangka atau yang Stand By di mako untuk diterjunkan ke lapangan apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada hari pemungutan dan penghitungan suara berlangsung, tutup Kabagops Polresta. (AN)