Rapat Koordinasi Polda NTT dan Jajaran Terkait Dengan Kesiapan Pemilu 2024

Rapat Koordinasi Polda NTT dan Jajaran Terkait Dengan Kesiapan Pemilu 2024

Tribratanewskupangkota.com - Dalam rangka kesiapan pengamanan tahapan kampanye, masa tenang, dan pemungutan suara, Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) yang diikuti oleh Kapolres Jajaran Polda NTT, Kamis (11/1/2024) siang.

 

Rakor melalui Zoom Meeting tersebut, dihadiri oleh Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, Ketua Bawaslu Kota Kupang  Yunior Adichandra Nange, Pasi Ops Kodim 1604 Kupang Khairul Anwar, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Kupang Paulus Nano, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang Rudi Abubakar, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kupang Hotma Tambunan SH, M.Hum, Pejabat Utama Polresta Kupang Kota dan Para Kapolsek Jajaran, di Aula Bijaksana Polresta Kupang Kota.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Polda NTT itu mengatakan,  pada kesempatan Rakor kali ini, setiap daerah, baik itu Kepala Daerah, KPU, Bawaslu, Forkopimda,  menyampaikan berbagai persoalan yang dihadapi hingga saat ini dan rencana terhadap solusi penyelesaiannya karena proses pemunggutan suara yang semakin dekat.

 

“Terima kasih atas kehadiran Bupati, Wali Kota, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Forkopimda, Kapolres jajaran beserta Pejabat Utama dalam kegiatan yang penting ini,” ujar Kapolda NTT.

 

Sambungnya, kesempatan ini kita gunakan untuk diskusi terkait persoalan-persoalan yang dihadapi agar bersama kita mencari solusi penyelesaiannya demi penyelenggaraan Pemilu yang baik, sebab itulah tujuan rapat hari ini, tutup Kapolda NTT.

 

Selanjutnya, Direktur Intelkam NTT memberikan paparan mengenai data dan permasalahan logistik, serta menyampaikan rekomendasi terkait pengamanan menjelang pemungutan suara.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda NTT menjelaskan, dengan menyampaikan potensi pelanggaran tahapan Pemilu yang perlu diperhatikan. Di samping itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT memaparkan informasi tentang penyelenggaraan tahapan kampanye, masa tenang, pemungutan, dan perhitungan suara dalam Pemilu 2024.

 

Bawaslu Provinsi NTT juga memberikan paparan terkait strategi pencegahan dan pengawasan Pemilu 2024, mencakup pengawasan kampanye, strategi pencegahan, masa tenang, pemungutan suara, data pemilih, serta langkah-langkah mitigasi yang akan diambil.

 

Setelah pemaparan materi, dibuka sesi tanya jawab dari setiap Polres jajaran. (AM)