Polsubsektor Pelabuhan Tenau Kupang Amankan Keberangkatan Kapal dan Himbau Hindari Calo

Polsubsektor Pelabuhan Tenau Kupang Amankan Keberangkatan Kapal dan Himbau Hindari Calo

Tribratanewskupangkota.com – Personel Kepolisian Sub Sektor (Polsubsektor) Pelabuhan Laut Tenau Kupang melakukan pengamanan terhadap keberangkatan Kapal Express Bahari 8E, dengan tujuan pelabuhan Papela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi NTT.

 

Pengamanan salah satu obyek vital nasional ini, dilakukan oleh 3 personel piket Polsubsektor Pelabuhan Laut Tenau, bersama petugas otoritas pelabuhan, guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang dan masyarakat di dalam kompleks pelabuhan.

 

“Pengamanan di dalam kompleks pelabuhan tenau merupakan tanggungjawab dari Polresta Kupang Kota, dalam hal ini Polsubsektor Pelabuhan Laut Tenau Kupang bersama instansi terkait, guna memberikan pelayanan kepada penumpang yang datang maupun hendak berangkat, demi terciptanya rasa aman dan nyaman di dalam kompleks pelabuhan,” ucap Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K.  M.Si dalam keterangannya kepada tribratanewskupangkota.com, pada Senin (10/6) siang.

Pada pagi tadi, sambungnya, personel piket turun ke dermaga lokal untuk berikan pelayanan dan sekaligus pengamanan terhadap para penumpang yang hendak berangkat ke pulau Rote, dan setelah selesai, personel melakukan patroli di dalam seluruh area pelabuhan untuk pastikan situasi yang aman dan tertib.

 

Lebih lanjut dikatakan, kepada masyarakat untuk menghindari praktik percaloan di pelabuhan, karena merupakan tindak pidana yang dapat diproses secara hukum.

 

“Kepada penumpang, kami himbau untuk membeli tiket melalui portal atau website resmi milik perusahaan, dan atau mendatangi langsung loket di pelabuhan. Tidak percayakan kepada calo, karena praktek percaloan merupakan bentuk tindak pidana yang bisa diproses hukum,” pesan Kapolresta.

 

Dikatakannya lagi, kepolisian akan menindak tegas siapa pun yang terlibat dalam percaloan tiket kapal laut di pelabuhan tenau yang melayani penyeberangan ke pulau-pulau di Provinsi NTT, pulau Sulawesi, dan Jawa hingga pulau Kalimantan.

 

“Kami tidak segan-segan untuk menindak tegas praktek percaloan kepada siapa pun yang terlibat, dan kami kembali himbau masyarakat untuk jangan takut melapor, karena identitas pelapor akan kami rahasiakan,” tutup mantan Kapolres Kupang ini.

 

Kapolsubsektor Pelabuhan Laut Tenau Kupang Iptu Teguh Iman Santoso yang dihubungi media ini mengatakan, pengamanan di pelabuhan merupakan tanggungjawab kepolisian bersama otoritas pelabuhan dan instansi terkait, dalam mengamankan arus keluar masuk orang dan barang, dari dan ke Kota Kupang.

 

“Pelabuhan Tenau merupakan salah satu pintu masuk ke Kota Kupang, ibu kota Provinsi NTT, sehingga pengamanan dilakukan secara ketat, bersama dengan instansi terkait lainnya,” ucap Iptu Teguh.

 

Kapal Express Bahari 8E, tambah Kapolsubsektor Pelabuhan Tenau, pada pagi tadi pukul 09.30 WITA, telah berangkat menuju Pelabuhan Papela, dengan jumlah penumpang naik sebanyak 86 orang. Selanjutnya, untuk diketahui masyarakat, jadwal kedatangan kapal berikutnya, yakni KM Wilis dari Kabupaten Ende, dan selanjutnya akan berangkat menuju Kabupaten Alor, dan kembali lagi ke pelabuhan tenau, kemudian selanjutnya berangkat menuju Ende, tutup dia. (AN)