Personel Polsubsektor Bersama TNI, Jamin Keamanan Penumpang di Area Pelabuhan Tenau

Personel Polsubsektor Bersama TNI, Jamin Keamanan Penumpang di Area Pelabuhan Tenau

Tribratanewskupangkota.com – Personel Polsubsektor Pelabuhan Tenau Polresta Kupang Kota bersama anggota TNI Angkatan Darat dan TNI Angkatan Laut, serta otoritas pelabuhan, yang dipimpin Kapolsubsektor Pelabuhan Tenau Ipda Teguh Imam Santoso, melakukan pengamanan di dalam area kompleks Pelabuhan  Tenau Kupang, guna menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat atau penumpang.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang ditemui usai memimpin Upacara Serah Terima Jabatan di Polresta Kupang Kota mengungkapkan, bahwa pengamanan pada area pelabuhan dengan adanya aktifitas masyarakat sipil, menjadi tanggungjawab Polri bersama TNI dan otoritas pelabuhan lainnya.

 

“Tanggungjawab keamanan masyarakat sebagai penumpang di Pelabuhan Tenau, menjadi tanggungjawab Polri, yang dibantu oleh anggota TNI dan stakeholder lainnya,” ungkap Kapolresta Kupang Kota, Jumat (2/8/2024).

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa Polri sebagai aparat pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat sesuai undang-undang, bertanggungjawab atas keamanan di dalam negeri, sehingga terus membangun sistem pengamanan yang baik, dan tentunya terus bekerjasama dengan instansi lainnya, agar keamanan dan ketertiban masyarakat yang selalu kondusif dapat terwujud.

 

“Dengan kondusifitas wilayah dalam negeri, atas kerjasama instansi atau stakeholder lain, harapannya, masyarakat dapat beraktifitas dengan aman dan nyaman, dan tentunya meningkatkan ekonomi yang akan mensejahterakan masyarakat,” harap Kombes Aldinan.

Kapolsubsektor Pelabuhan Tenau yang dihubungi media ini mengatakan, pengamanan dalam kompleks pelabuhan merupakan tanggungjawab Polri bersama TNI dan otoritas pelabuhan.


 

“Kami bersinergi dan kolaborasi, mengamankan area pelabuhan, sehingga masyarakat dapat beraktifitas dengan aman dan nyaman,” ungkap Ipda Teguh.

Diinformasikan Kapolsubsektor, bahwa pada hari ini (2/8/2024) sekitar pukul 06.40 WITA, personel Polsubsektor bersama anggota TNI dan stakeholder lain, melakukan pengamanan dan pelayanan terhadap penumpang KM. Dharma Kartika V yang tiba di Dermaga Multi Purpose, dari kota atau pelabuhan asal di Surabaya, Lembar dan Waingapu, dengan membawa penumpang turun sebanyak 1.186 orang.

 

Kemudian, tambahnya, sekitar pukul 09.10 WITA, pengamanan kepada penumpang Kapal Express Bahari 8E, yang berangkat dengan tujuan pelabuhan di Pantai Baru Kabupaten Rote Ndao, dengan mengangkut penumpang sebanyak 231 orang.

“Setelah melakukan pengamanan dan berikan pelayanan mulai dari loket hingga dermaga, personel melaksanakan patroli sampai ke pelabuhan peti kemas, guna memantau aktifitas masyarakat dan bongkar muat barang, agar berjalan kondusif,” sebut Ipda Teguh. (AN)