Peringati Hari Buruh Internasional, Polresta Kupang Kota Berikan Pengamanan Unras yang Humanis

Peringati Hari Buruh Internasional, Polresta Kupang Kota Berikan Pengamanan Unras yang Humanis

Tribratanewskupangkota.com – Dalam rangka memberikan pelayanan dan pengamanan terhadap aksi Unjuk Rasa (Unras) memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, Polresta Kupang Kota menerjunkan 250 personel, yang akan bertugas pada beberapa lokasi di Kota Kupang, yang akan dijadikan sebagai lokasi dalam menyampaikan aspirasi atau pendapat.

 

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si saat memberikan arahan apel persiapan pengamanan, di Lapangan Apel Mapolresta Kupang Kota, Rabu (1/5) pagi menerangkan, apel dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel maupun sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam mengawal aksi unras.

“Hari ini, peringatan hari buruh internasional, dan ada beberapa lokasi di Kota Kupang yang menjadi titik dalam penyampaian aspirasi oleh peserta unras. Kita harus peka dan siap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kata Kapolresta.

 

Lebih lanjut dikatakan, seluruh personel pengamanan harus paham akan tugas pokoknya masing-masing, sehingga apa yang akan diamankan, dapat berjalan baik.

 

“Berikan pelayanan sesuai tugas pokoknya, dan lakukan tindakan yang tegas dan terukur, namun tetap humanis apabila adanya pelanggaran yang ditemukan,” pesan Kombes Aldinan Manurung lagi.

Kapolresta meminta perwira sebagai pengendali, bertanggungjawab atas pengamanan personel di lapangan.

“Perwira pengendali bertanggungjawab atas pengamanan di lapangan, dan selalu berkomunikasi dengan Kabagops,” harap Kapolresta Kupang Kota.

 

Kabagops Kompol Oktovianus Wadu Ere, S.H dalam menyampaikan teknis pengamanan, berpesan agar personel menjalankan tugas sesuai SOP, dan tidak terpancing oleh peserta unras yang memicu aksi bentrok.

 

“Jalankan tugas sesuai SOP, jangan terpancing dengan aksi-aksi yang dapat menimbulkan bentrokan. Peserta unras yang akan kita amankan, silahkan menyampaikan aspirasi dan kita kawal, namun tidak boleh mengganggu kepentingan umum ataupun melakukan pelanggaran hukum,” ucap Kompol Okto.

Sambung mantan Wakapolres Belu itu, peserta unras adalah saudara kita, tim negosiator jalin komunikasi yang baik, agar penyampaian pendapat berjalan aman, tertib dan lancar, pungkas Kabagops. (AN)