Pengamanan Embarkasi di Terminal Helong, Personel Polsubsektor Pelabuhan Tenau Ciptakan Rasa Aman Bagi Penumpang

Pengamanan Embarkasi di Terminal Helong, Personel Polsubsektor Pelabuhan Tenau Ciptakan Rasa Aman Bagi Penumpang

Tribratanewskupangkota.com - Personel piket pada Kepolisian Sub Sektor (Polsubsektor) Pelabuhan Laut Tenau Kupang, melakukan pengamanan embarkasi penumpang Kapal Express Bahari 8E, yang akan berangkat dengan tujuan Pelabuhan Pantai Baru, di Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (22/7/2024) pagi.

 

Kapolres Kota Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si yang dihubungi media ini menerangkan, pengamanan oleh personel yang bertugas di Pelabuhan Tenau, untuk memberikan rasa dan nyaman bagi penumpang maupun pengantar yang beraktifitas di kompleks pelabuhan.

"Kehadiran Polri di area pelabuhan tenau, dengan tujuan memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat dan penumpang yang beraktifitas disana," ujar Kombes Aldinan Manurung.

 

Lebih lanjut diterangkan, selain melakukan pengamanan kepada penumpang, personel juga melaksanakan patroli hingga ke dermaga peti kemas, guna memantau aktifitas bongkar muat barang, sehingga pasokan berbagai kebutuhan masyarakat di Kota Kupang maupun di Pulau Timor ini tidak terganggu.

 

Kepala Polsubsektor Pelabuhan Tenau Kupang Ipda Teguh Imam Santoso yang dihubungi terpisah mengatakan, sekitar pukul 08.15 WITA, 3 personel piket melaksanakan pengamanan penumpang, yang dimulai dari tempat Check In di dalam terminal helong, hingga ke area dermaga.

"Personel yang sedang piket, bersama petugas dari stakeholder lain, mulai melaksanakan pengamanan dan pemantauan barang bawaan penumpang, sejak dari terminal penumpang, hingga ke dalam dermaga, untuk selanjutnya naik ke atas kapal," ungkap Kapolsubsektor.

 

Selain itu, tambahnya, personel juga membantu penumpang perempuan, lansia dan anak-anak, dengan barang bawaan yang banyak, sehingga memudahkan untuk naik ke atas kapal.

 

"Pengamanan dan pelayanan, agar penumpang merasa aman dan nyaman saat berada di kompleks pelabuhan tenau kupang," sebut Ipda Teguh.

 

Untuk diketahui, penumpang yang hendak berangkat menuju pulau rote berjumlah 101 orang.

Selain keberangkatan Kapal Express Bahari 8E, pada pukul 01.00 WITA malam tadi, Kapal Dharma Kartika V telah berangkat dengan mengangkut penumpang sebanyak 1.135 orang, tujuan Pelabuhan di Waingapu, Lembar dan Surabaya. (AN)