Latihan Formasi Dalmas, Kapolresta Kupang Kota Awasi Langsung Pelaksanaannya

Latihan Formasi Dalmas, Kapolresta Kupang Kota Awasi Langsung Pelaksanaannya

Tribratanewskupangkota.com - Seluruh anggota Polresta Kupang Kota dan Polsek jajaran, kembali mengikuti latihan Pengendalian Massa (Dalmas), di lapangan Mako Polresta Kupang Kota, Jumat (6/10) pagi tadi.

Latihan yang telah rutin dilakukan setiap 2 hari, untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) anggota, dalam pengetahuan tentang mengendalikan massa, baik dalam situasi unjuk rasa damai maupun anarkis, hingga skala besar.

Dengan materi latihan kali ini, yakni sikap-sikap dasar dalmas, antara lain, formasi tangan berkait, penggunaan tali dalmas, formasi paruh lembing, dan formasi berlindung.

Diawali dengan, anggota Satuan Samapta memberikan beberapa contoh sikap dalam dalmas, dan formasi dalmas, yang dipimpin oleh Kepala Satuan (Kasat) Samapta Kompol Teosasar M.M.F Ngulu, S.Sos., M.M.

Selanjutnya, masih dipimpin Kasat Samapta yang diawasi langsung oleh Kapolresta Kupang Kota, seluruh anggota kemudian mengikuti latihan dengan penuh semangat, dalam ikatan kompi.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H, yang ditemui media ini menjelaskan, tujuan latihan adalah untuk membekali dan meningkatkan kemampuan serta pengetahuan anggota, saat penanganan unjuk rasa, baik unjuk rasa damai maupun unjuk rasa yang anarkis, dalam skala besar, dengan bentuk formasi tangan berkait, memegang tali, paruh lembing, dan juga formasi berlindung.

Mantan Kabidhumas Polda NTT itu melanjutkan, kegiatan latihan dalmas ini melibatkan anggota dari bagian atau fungsi lain hingga Polsek jajaran, atau disebut peleton dalmas kerangka, dan anggota Samapta Polresta sebagai dalmas inti.

"Latihan ini merupakan kegiatan rutin sesuai waktu yang telah ditentukan, dan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan setiap 2 hari," ungkapnya.

Masih menurut Kombes Krisna, latihan tersebut sekaligus untuk me-refresh, agar anggota Polresta Kupang Kota semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan. “Anggota sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukan saat menghalau massa, dan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi jika terjadi bentrok dengan massa,” jelasnya.

Dengan melakukan latihan dalmas, maka masing-masing anggota, kekuatan fisiknya terus terjaga dengan baik. Lebih dari itu, dengan seringnya dilaksanakan latihan, maka anggota akan mudah dan lancar untuk melakukan pengamanan terhadap massa yang melakukan aksi unjuk rasa.

Bukan itu saja, sambungnya, seluruh anggota Polresta Kupang Kota juga dipersiapkan untuk menghadapi demonstrasi yang menerjunkan massa dalam jumlah besar, serta mengantisipasi terjadinya anarkis. Sehingga dengan banyak latihan, para personel akan mudah menghalau massa.

“Kita terus memperdalam teknik dalmas agar anggota di lapangan lebih mahir. Sehingga anggota menjadi terlatih, tangguh dan bertanggung jawab dalam menjalani tugas pengamanan unjuk rasa,” pungkasnya.

Untuk diketahui, latihan dalmas yang dilakukan dalam rangka Operasi Mantap Brata, menghadapi Pemilihan Umum Tahun 2024. (AN)