Kapolresta Kupang Kota Sampaikan Kesiapan Personel Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Kapolresta Kupang Kota Sampaikan Kesiapan Personel Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si menyampaikan kesiapan personel dalam pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024. 

 

"Kami telah menyiapkan personel pengamanan untuk Pilkada serentak yang akan digelar pada tanggal 27 November 2024 mendatang, dan rangkaian pengamanan yang telah dimulai sejak masa pendaftaran pada Agustus 2024 lalu," ungkap Kapolresta Kupang Kota usai menjadi narasumber rakor penyusunan dan penetapan jadwal kampanye, yang berlangsung di Hotel Harper, Jumat (20/9/2024) kemarin. 

Dirincikan Kapolresta saat diwawancara awak media dengan didampingi Ketua KPU Kota Kupang Ismael Manoe, personel yang dilibatkan dengan total 675 personel Polri. 

 

"187 personel Polresta Kupang Kota dibantu 1.024 Linmas, akan fokus khusus untuk hari pencoblosan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTT serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang," sebut Kapolresta Aldinan. 

 

Selain itu  tambahnya, ada juga personel BKO dari Satuan Brimob Polda NTT dan Direktorat Samapta Polda NTT. 

 

Kami juga telah melakukan Analisa dan Evaluasi (Anev) terhadap daerah yang dikategorikan sebagai daerah rawan, dan akan kami berikan pengamanan ekstra ketat. 

"Pengamanan di 552 TPS yang tersebar di 6 kecamatan dan 51 kelurahan di Kota Kupang melibatkan juga anggota Linmas, dan untuk kategori rawan akan dilakukan pengamanan lebih ketat dari TPS lainnya, yaitu 1 TPS dijaga oleh 1 anggota Polri dibantu 2 orang Linmas," jelas Kombes Aldinan Manurung. 

 

Sambungnya, patroli gabungan akan juga dilakukan dan posko pengamanan didirikan untuk menjaga ketertiban di lokasi-lokasi penting. 

 

"Posko pemantau bersifat patroli, untuk penempatan anggota lebih diutamakan di kantor KPU Kota Kupang, kantor Bawaslu Kota Kupang, dan gudang logistik Pilkada. Mereka akan secara bergiliran melaksanakan patroli dan penjagaan disana, dan bergabug dengan teman-teman dari KPU dan Bawaslu," kata Kapolresta lagi. 

Harapannya pengamanan ini dilakukan untuk memastikan proses demokrasi berjalan aman dan damai, tanpa hambatan, intervensi, atau konflik. 

 

"TNI, Polri, KPU, Bawaslu, dan Panwascam telah bekerja sama untuk mewujudkan Pilkada berjalan aman, sebagaimana yang berhasil dilaksanakan dalam Pilpres dan Pileg pada Februari 2024 lalu," tandas Kapolresta Kupang Kota. (AN)