Kapolresta Kupang Kota Rapat Bersama BPJN NTT dan Pemkot, Bahas Rencana Pembangunan Pos Polisi Bundaran PU

Kapolresta Kupang Kota Rapat Bersama BPJN NTT dan Pemkot, Bahas Rencana Pembangunan Pos Polisi Bundaran PU

Tribratanewskupangkota.com – Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si melakukan rapat bersama Balai Pelaksanaan Jalan Nasional NTT, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang dan pihak terkait lainnya, dalam rangka membahas pemanfaatan lahan dan rencana pembangunan Pos Polisi Bundaran PU.

 

Rapat yang berlangsung di lokasi proyek duplikasi jembatan liliba, Selasa (6/8/2024) pagi, dihadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Kota Kupang Abraham Devil Evil Manafe, S.IP., M.Si, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional NTT yang diwakili Kepala Seksi Pembangunan Jalan, Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi NTT, Kepala Satker P2JN Provinsi NTT, Kasat Lantas Polresta Kupang Kota Akp Sudirman, S.Sos, Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Kota Kupang, PPK Pembangunan Duplikasi Jembatan Liliba, penyedia jasa PT. Dewanto Cipta Pratama dan juga konsultan pengawas PT. Buana Archison JO.

Kami minta dukungan dalam memelihara kamtibmas di Kota Kupang, dengan harapan pembangunan Pos Polisi bisa segera direalisasi,” ungkap Kapolresta Kupang Kota dalam rapat tersebut.

 

Dikatakannya lagi, lokasi tersebut sangat strategis dan merupakan salah satu tempat keramaian publik yang banyak dikunjungi masyarakat, utamanya pada malam hari, karena adanya warung kopi dan sudah menjadi ikon di Kota Kupang (taman lampu warna-warni dan air mancur), sehingga perlunya pembangunan kembali pos polisi agar keberadaan polisi lebih dekat dalam menjaga keamanan masyarakat .

 

Analisa yang kami lakukan, perlu segera dibangun pos polisi, sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Masyarakat. Namun saat ini ada juga pelaksanaan patroli yang selalu singgah dan memberikan himbauan di sekitar Bundaran PU ini,” ucap Kombes Aldinan lagi.

Dengan hadirnya kembali pos polisi, tambah Kapolresta, bukan hanya sebagai tempat pengaduan tetapi juga sebagai tempat rekreasi, bisa santai juga dan polisi siap hadir bagi masyarakat yang membutuhkan disana, tutup mantan Kapolres Kupang ini.

 

Pemkot Kupang siap mendukung pembangunan jembatan kembar liliba dan pembangunan pos polisi, karena terkait dengan pemeliharaan keamanan di Kota Kupang, khususnya  bagi warga di Kelurahan Liliba dan sekitarnya,” kata Pj. Sekda Kota Kupang.

 

Lebih lanjut dikatakan, karena letaknya berada di tengah median jalan utama, sehingga bisa diperhatikan saat pembangunannya, dengan menyediakaan lahan parkir yang luas, agar tidak mengganggu pengendara jalan.

Pantauan media ini saat ditampilkan desain pembangunan dan peninjauan ke lokasi di Jalan Frans Seda depan Hypermart, desain pembangunan pos polisi yang rencananya akan ditempatkan oleh personel Satlantas Polresta Kupang Kota ini, dengan bentuk minimalis dan modern, namun tetap terbuka kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan nantinya.

 

Pepohonan yang ada saat ini, tidak ditebang dan hanya akan dipangkas, sehingga tidak menghilangkan pepohonan yang sudah ada untuk tetap mempertahankan keindahan dan kelestarian lingkungan alam sekitarnya. (AN)