Kapolresta Kupang Kota Pimpin Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024

Kapolresta Kupang Kota Pimpin Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-78, yang diselenggarakan di Lapangan Hitam Mapolresta Kupang Kota, Jalan Frans Seda, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Senin (1/7/2024) pagi.

Hadir pada upacara dengan Komandan Upacara Kapolsek Kota Lama Akp Jemy Oktovianus Noke, S.H tersebut, antara lain Penjabat Wali Kota Kupang Fahrensy P. Funay, S.E., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kupang Hotma Tambunan, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Negeri Kupang Kelas IA yang diwakili oleh Hakim Hubungan Industrial Paulus D.B Naro, S.H., M.H, pejabat utama Polresta Kupang Kota, Kasdim Kodim 1604 Kupang Letkol Czi. Sunardi, S.T., M.IP, Komandan Satuan POM TNI AU Lanud El Tari Kupang Letkol Pom. Iwan Suebu, serta Kaur Hartib POM Lantamal VII Kupang Lettu Laut PM Hadi Bejo.

Sebagai peserta upacara, yakni anggota TNI dari POM TNI AD, POM TNI AL, POM TNI AU dan staf Kodim 1604 Kupang, staf Polresta Kupang Kota, staf Dinas Perhubungan Kota Kupang, serta Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang.

 

Tampak hadir pula, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota Ny. Melissa Aldinan Manurung bersama pengurus Bhayangkari dan anggota.

Dalam amanatnya, Kapolresta Kupang Kota mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024, selamat menjalankan amanah mulia untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

 

“Anggota Polri yang bersentuhan dengan masyarakat dalam melindungi, mengayomi dan melayani serta menegakan hukum. Tapi, di saat yang sama, Polri juga diawasi oleh masyarakat. Segala tindakan kita selaku anggota Polri, sekecil apapun akan menjadi penilaian oleh masyarakat,” ucap Kapolresta.

Kepercayaan masyarakat terhadap Polri selalu diuji, seberapa tinggi tingkat kepercayaan itu merupakan hal penting, sehingga Polri harus selalu memperbaiki dan berbenah diri, dalam melakukan reformasi di segala lini.

 

“Jangan ada lagi persepsi bahwa hukum hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas. Masyarakat membutuhkan rasa aman, rasa keadilan dan rasa untuk diayomi. Kita harus mampu berikan kepastian perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat,” sebut Kapolresta lagi.

Tantangan tugas Polri ke depan semakin berat dan kompleks, masalah kamtibmas dan penanganan isu-isu negatif yang beredar di masyarakat harus dikawal.

 

“Program prioritas nasional harus dikawal cepat secara serius, kualitas pelayanan harus ditingkatkan. Institusi Polri ibarat seperti sapu lidi, masing-masing lidi harus bersih, lurus dan harus kuat, yang diikat dengan semangat kesatuan dan sinergitas serta jiwa korsa yang tinggi,” pesa Kombes Aldinan.

 

Diakhir amanatnya, Kapolresta Kupang Kota menegaskan, anggota Polri harus punya jiwa korsa yang tinggi dan tidak terpecah belah, serta peningkatan pengawasan dan sistem pendisiplinan kerja.

“Terus rawat sinergi dan jiwa korsa, jangan terpecah belah, tingkatkan kualitas SDM, sistem pengawasan dan sistem pendisiplinan harus diperkuat demi tercapainya Polri yang Presisi. Jadilah Bhayangkara sejati yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk kemajuan Indonesia,” tegas mantan Wadir Narkoba Polda NTT ini. (AN)