Kapolresta Kupang Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2023 Polresta Kupang Kota

Kapolresta Kupang Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2023 Polresta Kupang Kota

Tribratanewskupangkota.com – Kapolresta Kupang Kota Rishian Krisna Budhiaswanto S.H.,S.I.K.,M.H pimpin Apel gelar pasukan operasi Patuh Turangga 2023 dimako polresta kupang kota , Senin (10/07/2023) pukul 08:00 Wita.

Gelar pasukan ini juga di hadiri Wakapolresta Kupang Kota AKBP Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, Pejabat utama di lingkungan Polresta Kupang Kota, Kapolsek jajaran, perwira dan seluruh bintara Polresta Kupang Kota dan Polsek jajaran serta instansi terkait seperti  POM AD, TNI AU, TNI AD, Polisi Pamong Praja Kota Kupang dan Dinas Perhubungan Kota Kupang.

Operasi Patuh Turangga 2023 ini digelar selama 14 hari mulai tanggal 10 – 23 Juli 2023 dengan sasaran 8 Prioritas yakni menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengamanan, melawan arus lalu lintas, menggunakan knalpot brong, membonceng lebih dari satu, berkendara dibawah pengaruh alkohol, menggunakan handphone saat berkendara.

Kapolresta Kupang Kota selasai penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan dari Lantas, POM AD, dan Dishub Kota Kupang dilanjutkan dengan membacakan Amanat Kapolda Nusa Tenggara Timur Drs. Johni Asadoma, M. Hum Yang intinya “ salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. hal itu dapat ditunjukkan dari pengguna lalu lintas. kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah.

]

 

Sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas dengan berpedoman pada sasaran tersebut di atas, maka diharapkan operasi patuh tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap.

Data jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum polda ntt berdasarkan aplikasi irsms (integrated road safety management system) yang dikelola ditlantas polda ntt pada tahun 2022 sebanyak 1.326 kejadian, dengan korban meninggal dunia 406 orang, luka berat 488 orang, luka ringan 1.488 orang. dibandingkan pada tahun 2021 sebanyak 1.191 kejadian. terjadi kenaikan jumlah laka sebesar 135 kejadian atau naik 11 persen.

“Kepada seluruh personel, agar selama pelaksanaan tugas di lapangan tetap mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan diri dengan tetap berpedoman pada SOP yang ada, hindari tindakan yang menjadi pemicu ketidak percayaan masyarakat kepada polri khususnya lalulintas dan Lakukan tugas operasi patuh pallawa secara profesional, prosedural dan terbuka dengan cara persuasif humanis”, ujar kapolresta.