Kapolresta Kupang Kota Ikut Apel Penutupan Posko Terpadu, Angkutan Hari Raya Idul Fitri di Bandara El Tari Kondusif

Kapolresta Kupang Kota Ikut Apel Penutupan Posko Terpadu, Angkutan Hari Raya Idul Fitri di Bandara El Tari Kondusif

Tribratanewskupangkota.com - Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, mengikuti apel penutupan Posko Terpadu Angkutan Udara Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024M, pada Jumat (19/4) pagi.

 

Apel yang berlangsung di depan UMKM Center kompleks Bandara El Tari Kupang, dipimpin oleh General Manager (GM) PT. Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang Lilik Pujianto, dan dihadiri oleh Kepala Badan SAR Kupang, Perwakilan dari Lanud El Tari, Lantamal VII dan Kodim 1604 Kupang, Stakeholder terkait dan pimpinan maskapai penerbangan.

GM PT. Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang dalam pembacaan sambutannya menyampaikan, apresiasi atas kerjasama tim anggota posko terpadu, yang terdiri dari berbagai stakeholder terkait, sehingga arus mudik dan balik di Bandara El Tari Kupang berjalan aman dan lancar.

 

"Terima kasih atas kerjasama seluruh pihak, sehingga selama 16 hari (3 April-18 April 2024) pelaksanaan posko terpadu angkutan udara dalam rangka hari raya idul fitri berlangsung kondusif," kata GM Angkasa Pura, di hadapan peserta apel yang terdiri dari TNI-Polri, Stakeholder terkait dan perwakilan maskapai penerbangan.

Sambung dia, pada periode posko terpadu ini, jumlah pergerakan penumpang pesawat udara melalui Bandara El Tari mencapai 47.624 penumpang, dan pergerakan pesawat udara sejumlah 518.

 

Namun dibandingkan dengan periode angkutan udara idul fitri tahun 2023, mengalami penurunan. Tercatat penumpang sejumlah 55.353, atau turun sebesar 13,96 persen, pergerakan pesawat udara 679 atau turun 23,71 persen, lanjutnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, puncak arus mudik angkutan udara terjadi pada hari Sabtu, 6 Apri 2024, dengan jumlah pergerakan penumpang mencapai 4.991 Pax, dan 51 pergerakan pesawat. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada hari Senin, 15 April 2024, dengan jumlah pergerakan penumpang 4.066 Pax, dan 40 pergerakan pesawat.

"Selama periode posko terpadu angkutan udara idul fitri 2024, rata-rata jumlah pergerakan penumpang sebanyak 2.977 orang perhari, dan pergerakan pesawat sejumlah 32 perhari," jelas Lilik.

 

Diakhir sambutan, dikatakan Lilik, meskipun pelaksanaan posko terpadu angkutan udara telah resmi berakhir, namun saya mengajak seluruh pihak untuk dapat berkomitmen dan bekerjasama dengan setulus hati dan tanggungjawab, menjaga keamanan, kelancaran serta kenyamanan penumpang di Bandara El Tari Kupang, pungkasnya. (AN)